Sukses

Pemeriksaan HSG

19 Oct 2018, 11:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat pagi dok... dokter saya mau nanyak. saya kan sekrang ikut promil didokter SpOG, di pertama saya promil dirahim ada kista setelah itu saya diberi vit. Selama 1bulan. Dibulan berikut nya saya haid dan kembali lagi di sana, saya dilakukan USG dan alhamdulillah kista saya hilang dok dan saya diberi obat penyubur kandungan dengan dosis rendah, setelah satu minggu saya kontrol dan setelah haid saya disuruh kembali lagi untuk dilakukan USG transvagina dan hasil nya baik baik saja dok dan saya diberi jadwal berhuhungan. Dibulan berikut nya saya haid lagi dok dan saya kembali lagi untuk kontrol dan dilakukan USG, hasil USG nya baik dan kista yg ada dirahim saya gak ada lalu saya diberi obat penyubur kandungan dengan dosis yg tinggi, setelah satu minggu saya kontrol dan selesai haid saya disuruh untuk kembali dan dilakukan USG transvagina dan dilihat ovarium saya sudah matang dan diberi jadwal kandungan nya. Dan dibulan ini saya haid lagi dok, saya kembali lagi untum kontrol. Kontrol kali ini saya disuruh melakukan lab HSG untuk melihat ovarium nya itu buntu atau tidak. pertanyaan saya, kenapa kok dilakukan lab HSG dok? Padahal rahim saya tidak ada masalah dan sehat sehat saja. Saya juga masih ragu dok untuk melakukan lab HSG itu, apa yang harus saya lakukan dok? Apa saya masih harus lanjut melakukan HSG itu atau saya pergi ke dokter lain? terima kasih dokter.

Terimakasih atas pertanyaan Anda tentang pemeriksaan HSG menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat struktur rahim dan saluran telur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina, kemudian dilakukan foto rontgen untuk melihat apakah zat tersebut masuk hingga saluran telur atau tidak (ada sumbatan/tidak dan letaknya). Jadi, pemeriksaan ini memang yang baik untuk melihat saluran kandungan. Jadi, pemeriksaan ini memiliki tujuan yang berbeda dengan pemeriksaan USG.

Beberapa efek samping HSG yang mungkin terjadi adalah keram, perdarahan vagina, atau pusing dan pingsan. Untuk mengatasinya, dapat diberikan antibiotik sebelum prosedur dilakukan untuk mencegah infeksi dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang akan mengurangi keram yang mungkin terjadi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar