Sukses

Rontgen thorax KP aktif

19 Oct 2018, 09:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum Dok. Baru baru ini saya Rontgen torax, hasilnya bahwa : cor tidak membesar Sinuses dan diafragma normal Pulmo : - hilis kanan kasar - corakan bronkhovaskuler normal - tampak bercak lunak di perihiler dan parakardinal kanan Kesan: - KP aktif - tidak tampak kardiomegali. Kenapa ya dok? Kira kira apa yang tidak boleh saya lakuka / makanan pantangannya apa saja? Terimakasih dok Wassalamu'alaikum dok.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Dari hasil pemeriksaan Rontgen thorax yang anda jabarkan terlihat seperti Koch Pulmonum (KP) yaitu infeksi TBC atau tuberkulosis. Apakah ada keluhan fisik pada diri Anda? ada batuk lama, demam, keringat malam, dan lain-lain?

Langkah selanjutnya biasanya adalah pemeriksaan dahak untuk memastikan bahwa infeksi tersebut positif TBC. Apabila pemeriksaan dahak pagi hari positif, maka memang benar infeksi TBC, akan tetapi bila negatif mungkin TBC yang tidak menular. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena infeksi TBC pada umumnya akan sembuh asal berobat dengan benar dan teratur.

Untuk makanan, tidak ada pantangan untuk penderita TBC. Justru orang dengan TBC dianjurkan mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan protein supaya membantu proses pemulihan dan tidak kehilangan berat badan lebih dari yang sudah dialami.

Penularan penyakit TBC adalah melalui droplet penderita, oleh sebab itu pastikan Anda memakai masker untuk membantu mencegah penularan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar