Sukses

Mulut Kering Dan Nyeri Sendi
16 Okt 2018, 22:17 WIB
Pria, 52 tahun.

bagaimana cara mengatasi penyakit yang saya derita saat ini dok, mulut kering, bibir terasa lengket atau melengket seperti bergetah, saya juga sering menderita nyeri sendi, obat yg dpt sy konsumsi untuk mengatasi penyakit tersebut mhn penjelasannya , terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar mulut kering dan nyeri sendi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kondisi mulut yang kering disebut xerostomia, dan umumnya berhubungan dengan penurunan produksi saliva, atau produksinya normal tapi terjadi penurunan aliran saliva. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, pasien penderita kanker yang menerima terapi radiasi pada daerah leher dan kepala, penderita Sjogren sindrom, penderita penyakit-penyakit sistemik, penderit penyakit yang menyerang kelenjar liur, atau pasien yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat mengalami xerostomia, selain itu stress juga sering dikaitkan dengan xerostomia. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa xerostomia juga terjadi pada orang yang mengalami kecemasan atau dalam kondisi yang tegang.

Pada umumnya banyak yang dapat menyebabkan keluhan nyeri sendi. Nyeri sendi jari-jari tangan dan atau kaki dapat diakibatkan oleh penyakit rhematoid arthritis atau dapat juga disebabkan oleh Gout Arthritis, yang biasa dikenal sebagai penyakit asam urat oleh awam.

Gejala awal dari artritis gout (asam urat) adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang tipikal dan tiba-tiba karena kadar asm urat yang tinggi. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah Rheumatoid Arthritis (Rematik). Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Keluhannya terutama berupa kaku pada pagi hari yang dapat bertahan sampai 30 menit dan kemudian menghilang, bengkak, nyeri bila ditekan, kulit kemerahan, demam. Penyakit ini paling sering menyerang sendi-sendi kecil.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter guna memastikan diagnosis dan dapat diterapi optimal. 

Demikian informasi seputar mulut kering dan nyeri sendi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar