Sukses

Kaki Datar (Flat Feet)

16 Oct 2018, 12:25 WIB
Wanita, 32 tahun.

Saya punya anak usia 2 tahun 1 bulan dy mempunyai masalah kaki toeng in dan flat foot kira2 jenis sepatu yg bagaimana y dok.. Yg saya beli kan...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pes planus atau yang dikenal dengan sebutan Flat feet, adalah suatu keadaan dimana elastisitas atau kemampuan kaki tidak ada. Pada kaki yang normal terdapat saraf yang berfungsi menarik sehingga telapak kaki menjadi cekung, bagian tersebut berfungsi untuk meredam gerakan kaki ketika berjalan. Dengan adanya lengkungan kaki, maka akan tercipta keseimbangan yang optimal antara anggota tubuh bagian bawah, panggul dan punggung bawah.

Pes Planus memiliki gejala yang muncul terlihat seperti berikut ini:

Ketika jalan atau berdiri sering jatuh dan cenderung terlihat tidak memiliki ketidaksimbanganCepat lelahMuncul keluhan nyeri pada kaki, dengan frekuensi jarang maupun sering.Diikuti dengan kondisi sakit punggungSelain itu Pes Planus memiliki pencetus utama sebagai penyebab, diantara sebagai berikut:

GenetikaTrauma / cedera Cerebral palsyKelainan ototPes Planus ditangani dengan langkah pemeriksaan dan diagnosa terlebih dahulu, kemudiannya langkah penanganan sebagai terapi lanjutan, dengan sebagai berikut: Penderita akan diminta untuk menginjak sebuah keset basah kemudian dilanjuti dengan berjalan di lantai kering. Jika gambar telapak kaki memiliki lengkungan maka bagian tengah akan kosong. Namun jika gambar kaki basah semua maka terdapat flat fee

Penanganan harus dilakukan sedini mungkin, misalnya dengan pengganjal/sol sepatu, penahan tumit, menggunakan alas kaki khusus, atau fisioterapi. Kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter ortopedi (spesialis tulang) untuk penanganan lebih lanjut.Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar