Sukses

Tidak Haid 3 Bulan

15 Oct 2018, 17:12 WIB
Pria, 29 tahun.

dok saya berhenti kb suntik 1 bulan ,lalu saya coba minum vitamin agar asi lancar dan otomatis juga haid pun keluar ,tetapi selepas haid keluar ,3 bulan berikutnya saya beluum haid lagi dan timbul perasaan nyeri /aneh pada perut bawah,saya belum testpack,apakah ini berbahya atau tidak,karena rasanya tidak nyaman.terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Tidak Haid 3 Bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kondisi tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita disebut dengan amenorea. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Siklus menstruasi normal meliputi interaksi antara komplek hipotalamus-hipofisis-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat.

Amenorea sendiri terbagi dua, yaitu:

1. Amenorea primer

Amenorea primer adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita usia 16 tahun. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi. Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

Pubertas terlambatKegagalan dari fungsi indung telurAgenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)Gangguan pada susunan saraf pusatHimen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

2. Amenorea sekunder

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah menstruasi sedikit>), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5%

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan untuk penelusuran lebih lanjut penyebab amenorea tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tidak Haid 3 Bulan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar