Sukses

Efek Obat ARV
15 Oct 2018, 15:41 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya sudah 1 tahun lebih terapi ARV, setiap hari saya minum obatnya jam 9 malam selama setahun terakhr ini .. pertanyaan saya apakah bisa saya rubah jadwal jam minum obatnya ke jam 6 soreh? jadi nnti saya minum obatnya tiap hari tiap jam 6 soreh, bukan jam 9 malam lagi, bisa? pertanyaan selanjutnya, saya sering bersendawa tidak jelas, apalagi kalau kekenyangan, sendawa akan lebih parah lagi kalo dalam kondisi kenyang kemudian minum obat ARV, nah kalau sudah bgtu, pasti besoknya saya sakit seperti demam (nafsu makan hilang, pinginnya tidur terus, terasa lemah, sakit kepala, serta bagian bawah kaki terasa pegal pegal .. itu kenapa ya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar Efek ARV menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Adapun bila Anda ingin merubah jadwal mengonsumsi RV tersebut, boleh saja. Mengenai keluhan kembung, bisa jadi itu adalah efek smaping dari obat ARV yang dikonsumsi. Apa jenis obat HIV (ARV) yang Anda konsumsi? 

Adapun efek samping sementara dari beberapa obat-obatan ARV adalah nyeri kepala, darah tinggi, mual, mudah lelah dan pegal-pegal yang biasanya akan menghilang secara spontan dalam beberapa minggu. Selain itu dapat muncul efek samping yang sering munucul adalah ruam kemerahan pada kulit, dan lebih umum timbul pada perempuan daripada laki-laki. Efek samping yang paling berat adalah kerusakan hati. Namun obat ini juga dapat memberikan efek baik pada tubuh dengan meningkatkan HDL, kolesterol baik dalam darah.

Atau apakah sebelumnya Anda sudah memiliki gejala penyakti maag? Produksi gas yang berlebihan dalam lambung juga menjadi salah satu tanda penyakit maag. 

Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Bila keluhan terus memanjang, ada baiknya Anda diperiksa secara langsung agar keluhan tersebut segera dapat diketahui penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar