Sukses

Vaksin Varicella

14 Oct 2018, 16:32 WIB
Wanita, 37 tahun.

selamat pagi dokter,saya ibu 2 anak.. anak saya yg pertama berusia 12 th,dan sudah mendapat imunisasi varicela anak saya yang kedua berumur 7 th,kemaren terkena cacar air,sekarang sudah sembuh,apakah masih harus imunisasi varicela?karna yang saya tahu(menurut orang tua) cacar air sekali seumur hidup

Terimakasih sudh bertanya mengenai cacar air / varicella melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Ibu mengenai masalah cacar air. Cacar air atau varicella disebabkan oleh virus Varicella zoster. Virus ini banyak terdapat dalam air ludah dan bintil kemerahan pada tubuh penderitanya, sehingga penularannya mudah dan sangat cepat. 

Berdasarkan jadwal imunisasi yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia tahun 2017, vaksin cacar air (varicella) diberikan sebanyak satu kali sejak anak berusia 12 bulan. Waktu terbaik adalah sebelum anak mulai sekolah dasar atau sekitar usia 4-6 tahun. Bila anak berusia >13 tahun atau pada dewasa, vaksin diberikan sebanyak 2 kali dengan interval pemberian 4-8 minggu. 

Apabila sudah terkena varicella, tidak menutup kemungkinan akan terjadi cacar lagi. Ketika sistem imunitas tubuh menurun atau intensitas infeksi pada cacar air pertama kali ringan, maka cacar air dapat terjadi lagi, yang mungkin gejalanya tidak sehebat yang pertama. Saat pertama kali sembuh dari cacar air, sebenarnya virus varicella zoster tidak benar-benar hilang dari tubuh. Dalam kondisi tersebut, virus hanya tertidur (dorman) di dalam serabut saraf. Ketika sistem imunitas tubuh melemah, virus tersebut dapat kembali menimbulkan gejala seperti cacar air. Kondisi melemahnya sistem imunitas ini biasanya terjadi pada orang-orang berusia lanjut, atau mereka yang kondisi sistem imunitasnya dilemahkan oleh faktor penyakit atau penggunaan obat-obat tertentu. Meski virus varicella zoster yang “bangkit” kembali ini dapat menyebabkan Anda terkena cacar yang kedua kalinya, namun nyatanya lebih sering menyebabkan penyakit herpes zoster. Cacar air dan herpes zoster memang berkaitan karena keduanya disebabkan oleh jenis virus yang sama.

Apabila anak ibu yang kedua belum menerima vaksin varicella (meskipun sudah pernah terkena), disarankan tetap memberikan vaksinasi tersebut agar apabila terkena lagi proses penyembuhannya akan lebih cepat dan terhindar dari komplikasi berat. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, smeoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar