Sukses

Celana Hernia
12 Okt 2018, 16:21 WIB
Pria, 22 tahun.

Sore Dok, Saya mau tanya, saya sering berkativitas olahraga seperti lari dan badminton. Apakah saya perlu memakai celana dalam hernia ?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter .

Apakah Anda mengalami hernia? Hernia inguinalis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan penonjolan jaringan lunak, biasanya usus, melalui bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha. Perut adalah daerah antara dada dan pinggul. Daerah dinding perut bagian bawah juga disebut daerah inguinal atau pangkal paha. 

Terdapat dua jenis hernia inguinalis yaitu hernia inguinalis tidak langsung dan hernia inguinal langsung.  Hernia inguinalis tidak langsung disebabkan oleh cacat pada dinding perut yang bawaan, atau ada pada saat lahir.  Hernia inguinal langsung biasanya hanya terjadi pada orang dewasa laki-laki dan disebabkan oleh kelemahan pada otot dinding perut yang berkembang dari waktu ke waktu.  Hernia inguinalis terjadi pada kanalis inguinalis di daerah selangkangan.  Hernia ingunalis dapat disebabakan oleh kondisi yang mengakibatkan peningkatan tekanan di rongga perut . Ketika isi dari hernia menonjol keluar, hal ini dapat memberikan telanan yang cukup untuk menyebabkan konstruksi dari pembuluh darah . Jika pasokan darah pada lubang hernia yang ada di dinding perut, hal ini menjadi suatu kedaruratan medis dan pembedahan yang darurat karena kekurangan pasokan oksigen.

Penatalaksanaan hernia dibagi menjadi 2, konservatif dan operatif. Pengobatan konservatif terbatas pada tindakan pengembalian posisi (dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual) dan pemakaian penyangga (misalnya celana hernia yang Anda tanyakan) atau penunjang untuk mempertahankan isi hernia yang telah direposisi. Perbaikan hernia terjadi jika benjolan berkurang dan tidak terdapat tanda-tanda klinis strangulasi (terpuntir).

Penggunaan bantalan penyangga hanya bertujuan menahan hernia yang telah direposisi dan tidak pernah menyembuhkan sehingga harus dipakai seumur hidup. Hal ini biasanya dipilih jika pasien menolak dilakukan perbaikan secara operasi atau terdapat kontraindikasi terhadap operasi. 

Penggunaan penyangga tidak dianjurkan karena menimbulkan komplikasi, antara lain merusak kulit dan tonus otot dinding perut di daerah yang tertekan sedangkan strangulasi tetap mengancam. Penggunaan penyangga tidak menyembuhkan hernia. Operasi merupakan penatalaksanaan rasional hernia inguinalis. Indikasi operasi sudah ada begitu diagnosis ditegakkan. 

Jadi, boleh saja jika akan menggunakan celana hernia, namun sebaiknya terlebih dahulu dikonsultasikan kepada dokter bedah agar dapat disesuaikan dengan kondisi hernia Anda, apakah merupakan jenis hernia yang dapat direposisi kemudian disanggah secara konservatif, atau merupakan jenis hernia yang telah berkomplikasi sehingga harus segera dioperasi.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar