Sukses

Pertanyaan - #264436
12 Okt 2018, 13:51 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya ada kelenjar di leher sebelah kanan yg sebelumnya tdk ada. Kelenjar ini ada dibarengi dgn saya terkena cacar air. Apakah ini kelenjar yg berbahaya? Dan tindakan apa yg perlu sy lakukan dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 

bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

sebab lain (jarang)

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

 

0 Komentar

Belum ada komentar