Sukses

Pertanyaan - #264337
12 Okt 2018, 13:50 WIB
Pria, 60 tahun.

kalau berak cair (mencret) udah 2 hari ini (3-4 kali sehari), berwarna hijau dan bau amis, kenapa ya dok? krn disertai flu, kemarin saya minum panadol dan sekarang sudah ga flu, ttp masih mencret (2-3 kali sehari), biasa saya buang air 1 kali/hari.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda. 

Namun informasi yang Anda berikan belum cukup bagi kami agar dapat mengetahui kemungkinan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

Adakah mual atau muntah? Adakah keluhan lain seperti demam, sedang infeksi saluran nafas atas (batuk pilek), dll? Jika Anda ingat-ingat makanan apa yang Anda makan sebelum timbul keluhan tersebut? Adakah makanan yang tidak bersih atau  makanan yang mengiritasi saluran cerna : terlalu pedas, kopi, soda ?

Jika frekuensi BAB cair Anda ini melebihi 3 kali dalam sehari, maka dapat dikatakan sebagi diare. Kami akan sedikit menjelaskan mengenai diare.

Diare adalah peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan)

Gejalanya adalah konsistensi  feses menurun (cair) dengan/ tanpa darah, suhu badan mungkin meningkat (demam), nyeri perut, sakit kepala, nafsu makan tidak ada/ berkurang, lemah, mual, muntah, mialgia (nyeri otot), cengeng, gelisah. Perlu juga diapstikan status dehidrasi pada penderita.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat jika keluhan ini terus berlanjut. Bau amis dan warna kehijauan pada feses Anda mengarah kepada gejala infeksi saluran cerna. Apa penyebab infeksinya, harus dipastikan dulu dengan pemeriksaan feses di laboratorium.

Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat, tetap makan dengan menjaga kebersihan makanan dan nutrisi yang bergizi, banyak minum air putih, dan Anda bisa juga mengkonsumsi obat-obat untuk memberhentikan diare (atapulgite) jika memang BAB sering.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar