Sukses

Pertanyaan - #264235
12 Okt 2018, 13:50 WIB
Wanita, 40 tahun.

Mlm dok,,saya ad keluhan wasir dan gtal d anus serta bibir vagina,apa obatny ya..trima kasih..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai benjolan dan gatal di anus melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan yang keluar dari daerah anus biasanya adalah wasir. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :Grade I : wasir tidak keluar dari rektumGrade II : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontanGrade III : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)Grade IV : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembaliBagaimana dengan benjolan yang Anda alami? 

Untuk memastikan diagnosis, sebaiknya Anda mengunjungi dokter dan dapat mendiskusikan pilihan-pilihan penanganan yang optimal bergantung pada perjalanan penyakit.

Memang tidak ada obat yang dapat mengobati wasir. Caranya adalah dengan pencegahan, perubahan gaya hidup dan jika tidak sembuh-sembuh memang dapat dilakukan operasi.

Mengenai gatal pada daerah anus Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gatal pada anus:cacingan, candidiasis (semacam jamur) atau jamur yang menginfeksi kulitscabies, sejenis kutu yang infeksi kulitiritasi karena diarekondiloma akuminata (kutil)dan lain-lain (jarang)

Saran dari kami adalah Anda berobat ke dokter umum terlebih dahulu, untuk diperiksa lesi iritasi pada anus seperti yang Anda maksudkan. Anda dapat pula mencoba obat cacing yang dijual bebas, karena cukup sering juga gatal pada daerah anus disebabkan oleh cacing. Perlu juga mengganti pakaian dalam lebih sering bila lembab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan dan gatal di anus. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar