Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Pertanyaan - #263896
12 Okt 2018, 13:47 WIB
Pria, 30 tahun.

Assalamualikum dokter saya mengalami ejakulasi kering setelah saya mengidap penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kandung kemih setelah mengkonsumsi resep obat yang di anjurkan,sebelumnya ejakulasi saya normal dan jumlah sperma yang keluar cukup banyak,bagaimanakah yang harus saya lakukan agar penyakit saya sembuh dan ejakulasi kembali normal? Mohon petunjuknya dokter sekian dan terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Jumlah sperma yang normal berkisar 20 juta sperma/ml. Pergerakan sperma yang baik minimal 60% dari jumlah keseluruhan. Morfologi atau bentuk sel sperma yang normal minimal 30% dari keseluruhan. Volume semen  yang dikategorikan normal minimal 2 ml. Kadar fruktosa di dalam semen minimal 3 mg/ml dengan pH 7,2 - 7,8. Yang terakhir adalah likuofaksi atau proses denaturasi atau pemecahan protein dan mengakibatkan semen menjadi cair, kondisi ini sebaiknya berlangsung kurang dari 20 menit. Apabila lebih dari 30 menit maka mengindikasikan adanya infeksi.Oligospermia merupakan istilah medis yang dipakai untuk menggambarkan keadaan dimana jumlah cairan ejakulat yang dihasilkan sedikit. Istilah ini seringkali dikacaukan oleh oligozoospermia dimana jumlah sperma yang dihasilkan < 20 juta / ml cairan ejakulat. Normalnya jumlah sperma berkisar antara 20 juta/ml hingga 120 juta/ml. 

Apakah Anda sudah pernah melakukan pemeriksaan analisa sperma? Untuk memastikan kondisi Anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan analisa sperma terlebih dahulu. Anda perlu mengunjungi dokter spesialis urologi atau andrologi untuk mendiskusikan masalah kondisi Anda untuk mengetahui penyebab dan pilihan-pilihan penanganan yang dapat Anda miliki. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar