Sukses

Mengatasi Rambut Rontok
11 Okt 2018, 17:51 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat pagi, saya memiliki riwayat sakit kepala. Dari kecil kepala saya sudah sensitif, mudah pusing. Dulu sempat ada vertigo tapi sekarang sudah tidak pernah kambuh. Biasanya sehabis sakit kepala kambuh (seharian, kadang berhari-hari) rambut saya yang mudah rontok makin rontok. Sekarang saya juga bekerja dengan pekerjaan yang tingkat stressnya tinggi sebagai Android Developer, sering begadang. Dari situ juga saya merasakan rambut makin rontok. Saya hampir botak diatas kepala serta licin di dahi. Rambut ibu saya memang tipis, tapi tidak sampai rontok dan botak. Kira-kira langkah apa yang harus saya ambil? apakah langusung datang ke salon? Ke rumah sakit dulu untuk tes-tes tertentu? Saya ingin menumbuhkan rambut di atas kepala dan di dahi. meskipun saya berhijab dan rambut saya tertutupi, tapi memiliki kondisi yang demikian tetaplah tidak nyaman. mohon sarannya. setidaknya saya bisa berjaga-jaga untuk menyiapkan biaya.

Terimakasih telah bertanya mengenai rambut rontok melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kerontokan rambut banyak penyebabnya bisa saja karena pengaruh genetik atau karena berhubungan penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid. Namun untuk menentukannya diperlukan pemeriksaan fisik langsung.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat. Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan-bahan kimia di rambut

Bila belum teratasi dengan cara-cara di atas, dapat menggunakan shampo yang mengandung Minoxidil. 

Bila tetap belum teratasi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rambut rontok. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar