Sukses

Bayi Sembelit Saat MPASI
11 Okt 2018, 17:38 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok..awal anak 11 bulan mpasi sya kasih menu tunggal pisang dan pepaya tapi ia malah sembelit jadi ketika saya mau kadih pepaya dan pisang lagi dia trauma takut sembelit ..sedangkan bkn nya bagus utk sembelit ya dok mohon jawabannya.

Terimakasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Penyebab sembelit pada bayi MPASI

Ada dua faktor yang menyebabkan bayi sembelit saat mulai diberikan MPASI, di antaranya: 

  • Pilihan jenis makanan

Beberapa jenis makanan tertentu berpotensi menyebabkan sembelit pada sebagian bayi. Jenis makanan ini di antaranya saus apel, pisang, dan serealia beras. Bila Anda memulai tahapan MPASI dengan salah satu dari jenis makanan ini dan bayi mengalami sembelit, segera hentikan pemberiannya. Berikan jus pir atau alpukat untuk membantu meredakan sembelit dan memperlancar buang air besarnya.

  • Dehidrasi

Saat memulai tahapan MPASI, tidak jarang ibu yang langsung mengurangi atau menghentikan pemberian ASI. Langkah ini ternyata justru dapat membuat bayi mengalami dehidrasi dan kemudian terjadilah sembelit. World Health Organization (WHO) menyarankan ASI tetap diberikan on demand—sebanyak yang bayi mau bahkan setelah MPASI dimulai. Jangan lupa berikan air putih setelah bayi selesai makan, agar proses pencernaan makanannya menjadi lebih lancar dan ia terhindar dari sembelit.

Pada beberapa kasus, perubahan jenis makanan dan penambahan cairan tidak cukup untuk membantu mengatasi sembelit pada bayi. Konsultasikan pada dokter bila perubahan pola dan jenis makanan tersebut tidak membantunya untuk buang air besar, bayi menjadi enggan makan, atau bahkan terdapat darah pada tinjanya. Pada keadaan seperti ini, bayi mungkin membutuhkan bantuan laksatif untuk membantu memperlancar buang air besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar