Sukses

Kaki Sering Bengkak, Pertanda Apa?

10 Oct 2018, 22:50 WIB
Wanita, 31 tahun.

Siang Dok, setiap keluar rumah kaki selalu bengkak tapi setelah istrht di rumah, kaki kembali normal lagi dan tidak bengkak. Bekerja sedikit saja langsung lelah, ngos2an dan jantung berdenyut kencang padahal hanya angkat jemuran atau cuci piring. Jika naik tangga, langsung ngos2an parah seperti orang habis lari. Kira2 tanda ada penyakit serius Dok atau hanya kurang olahraga? Terima Kasih Dok..

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Selain mengalami keluhan yang Anda sampaikan, apakh terdapat batuk di malam hari, yakni saat tertidur? Apakah Anda juga tidur dalam posisi kepala lebih tinggi (misalnya dengan diganjal 2 bantal) agar nafas tidak sesak?

Jika ya, maka gabungan dari keluhan Anda ini mengarah kepada kondisi payah atau gagal jantung. Gagal jantung bisa terjadi pada mereka yang pernah mengalami serangan jantung, memiliki darah tinggi atau diabetes, atau kelainan pada jantung sejak lahir. Oleh karena banyaknya penyebab, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter penyakit dalam atau ke dokter ahli jantung. Apalagi, kondisi ini telah memengaruhi kualitas hidup Anda.

Baca juga: Mengenali Tanda-tanda Orang yang Gagal Jantung

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar