Sukses

Pengaruh Makanan terhadap Keluarnya Darah Haid

10 Oct 2018, 22:50 WIB
Pria, 38 tahun.

Selamat Siang, Saya berusia 38 tahun,sudah menikah, dan mempunyai riwayat haid yang berkepanjangan dan banyak. Yang ingin saya tanyakan, kenapa setiap kali saya makan nasi putih tiba2 haid keluar paadahal dalam kondisia baru selesai haid 1 minggu..Itu seringkali terjadi setiap saya makan nasi dan makanan fast food..Bisa bantu saya menjelaskan ttg hal ini, apakah memang penyebabnya adalah konsumsi nasi? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Beberapa studi menemukan pengaruh makanan tertentu terhadap keluarnya darah haid. Hal ini terutama ditemukan pada konsumsi makanan siap saji/fast food. Ini karena makanan siap saji kerap tinggi lemak dan kalori yang ujung-ujungnya dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi. Inilah yang kemudian berwujud sebagai keluarnya darah haid. 

Terkait dengan konsumsi nasi, belum ada penelitian tentang itu, namun mungkin berhubungan bila konsumsi nasi putih cenderung berlebihan (dalam hal ini menyebabkan konsumsi tinggi kalori dan pembentukan lemak akibat kelebihan konsumsi gula dari nasi).

Bila ini sering terjadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan. Ada baiknya Anda menjalani pemeriksaan USG kandungan untuk dievaluasi secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar