Sukses

Susu Soya

10 Oct 2018, 06:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

malam dok, sy mau nanya, anak saya umur 1 tahun laki2,skrg asi sy sdh berkurang jadinya saya ganti dengan sufor soya, tp dokter blg soya ga bgs buat laki2 krn bnyk hormon hesterogennya, apa benar?

Terima kasih telah bertanya seputar susu soya menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benar sekali ibu susu soya banyak mengandung estrogen nya sehingga tidak disarankan untuk anak laki-laki. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter spesilais anak Anda seputar susu pengganti asi yang diberikan dan kenali tanda alergi terhadap susu pengganti asi.

Di Indonesia, susu soya memang sering menjadi pilihan pertama sebagai susu pengganti terhadap anak yang dicurigai menderita alergi. Dibandingkan susu terhidrolisis sempurna lainnya, susu soya unggul karena harganya yang relatif lebih murah dengan rasa yang lebih familiar. Namun, terdapat penelitian bahwa 30-40% anak alergi susu sapi bukan tidak mungkin terkena alergi soya.

Bila anak Anda juga alergi terhadap susu soya, pilihan lain adalah menggunakan susu rendah laktosa/HA atau susu bebas laktosa. Susu HA (hypoallergenic) adalah susu sapi yang dihidrolisis secara parsial, dapat merangsang toleransi susu sapi karena masih mengandung sedikit partikel susu sapi. Pemberian susu HA dapat menjadi pencegahan primer terjadinya alergi susu sapi, karena diberikan sebelum terpapar dengan susu sapi. Penggunaan kedua susu ini relatif lebih aman daripada penggunaan susu soya sebagai pengganti susu sapi. Tetapi alangkah lebih baik bila tetap diusahakan agar anak mendapatkan ASI.

Demikian informasi seputar susu soya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar