Sukses

Nafsu Makan Anak Menurun Pasca Sakit

09 Oct 2018, 13:42 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat mlm dok... Saya mau konsultasi.. Kmren senin 1 oktober anak sy demam. Trus sy bawa ke puskesmas.. kta mantri yg bertugas. Anak sy kena radang krn ada merah di tenggorokan...selang 1 hari anak sy nggak mau mkn dan minum,minum air nangis2 dan susu formula pake botol dia nggak mau... dlm selang 4 hari ini alhamdulillah sudah mendingan, mau makn kuat, mnuma air putih nya juga. Yg jadi masalah ank saya nggak mau mnum susu formula dok smpi hari inj, biar di kasi pake cawan atau alternatif lain nggak sesuka pake botol dulu... Mlm saat tudur pun nggak mau d kasi susu botol.. sy takut kurang asupan gizi dok. Minum siang tp nggak sebanyak biasa ny.. klo di buat 60mili kadang hampir 1 jam ngabisin di kasi dikit2 pake cawan, biasa klo pake botol 60 mili kurang. Anak saya laki2 umur ny 1,7bulan. Tlg dok saran nya. Apakah anak saya trauma atau tidak doyan dgn rasa susu nya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan terhadap si buah hati. Namun kami perlu mempertegas, berapakah usia Anak Anda saat ini? 1,7 bulan atau 17 bulan?

Saat mengalami sakit, nafsu makan anak seringkali mengalami penurunan. Begitu pula setelah sembuh dari penyakitnya, mungkin masih butuh waktu sebelum anak kembali memiliki nafsu makan yang seperti sedia kala. Mengenai penyebab mengapa anak Anda tiba-tiba menolak minum susu formulanya, ada beberapa alasan yang mungkin mendasarinya. Bisa juga sang anak tidak lagi menyukai rasanya. Kami sarankan Anda untuk tidak stres dan bersabar. Anda bisa mulai lagi memberikan susu yang sama sedikit-sedikit, sampai nafsu makannya kembali baik. Bila memang anak tidak mau lagi mengonsumsi susu tersebut, Anda coba saja memberikan susu lain/ rasa yang lain. 

Bila usia anak Anda 17 bulan, maka makanan utama adalah hal yang paling penting dibandingkan susu. Bila makanannya sudah bermacam-macam, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan, susu formula tidak perlu terlalu banyak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar