Sukses

Mata Perih Saat Membaca Buku
09 Oct 2018, 13:42 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamu'alaikum dokter Jadi begini, kenapa ya dok kok mata sering perih setelah 30 menit membaca buku? Padahal mata dalam kondisi normal dan baik baik saja. Untuk mengurangi rasa perihnya biasanya saya merendam mata dalam air . Jadi saya membuka mata ketika di air . Apakah hal itu baik untuk kesehatan mata jika dilakukan terus menerus? Mungkinkah akan ada indikasi virus atau bakteri dari air yang kita sehingga bisa merusak mata? Mohon jawabanya dokter Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang keluhan mata perih.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan besar penyebab mata perih yang Anda alami adalah akibat mata kering. Saat sedang membaca, maka refleks mengedip mata akan berkurang. Padahal, refleks mengedip berfungsi untuk menyebarkan air mata dan mencegah mata mengalami kekeringan. Untuk itu bila seseorang sudah mengalami mata kering, maka dapat timbul mata perih dan berair saat membaca lama. Mata kering berisiko terjadi pada orang yang sering menatap komputer atau telepon genggam dalam waktu lama tanpa beristirahat, sering terpapar debu dan angin misalnya saat mengendarai motor, terlalu sering di ruangan dingin, serta bila mengalami kelainan kelenjar pembentuk air mata. 

Meskipun banyak dijumpai orang yang menderitanya, mata kering dapat diatasi dengan mudah dengan cukup perawatan di rumah. Mata yang kering dapat menimbulkan berbagai macam gejala.

Berikut merupakan gejala-gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita dengan keluhan mata kering :

1. Rasa tidak nyaman dimata seperti ada yang mengganjal ataupun mata perih

2. Mata menjadi merah

3. Mata akan sering berkedip

4. Mata akan lebih sensitif terhadap paparan debu, asap rokok, asap kendaraan, cahaya lampu ataupun sinar matahari

5. Mata menjadi lebih mudah lelah jika berhadapan dengan layar televisi ataupun komputer

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan Anda adalah dengan menggunakan tetes mata yang berisi air mata buatan yang banyak tersedia di pasaran, memakai kacamata hitam dengan UV-filter ketika beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dari angin dan pengaruh sinar ultraviolet di terik matahari, mengatur kelembaban rumah, mengompres mata dengan air hangat, jangan menahan berkedip. Selain itu, menutup mata selama 10 detik setiap 10 menit membaca akan memberikan rasa nyaman pada mata.

Adapun mengenai cara penanganan yang Anda lakukan sebenarnya sah-sah saja, namun bila air yang Anda gunakan tidak steril/ mengandung kuman maka dapat mendatangkan bahaya bagi mata Anda. Penggunaan tetes mata yang khusus mata dan steril sebenarnya lebih baik.

Apabila setelah melakukan kiat-kiat tersebut keluhan Anda belum membaik atau bertambah parah, ada baiknya bila Anda berkonsultasi kepada dokter mata untuk mencari penyebabnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mata perih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar