Sukses

Nyeri Pergelangan Kaki Saat Olahraga
09 Oct 2018, 13:32 WIB
Pria, 38 tahun.

Siang Dok, saya mau tanya, 3 minggu yang lalu sehabis olah raga basket, ankle kiri saya sakit, padahal tidak keseleo, dan minggu berikutnya saya masih main basket dan tetap sakit sampai hari ini, yang mau saya tanyakan kenapa bisa sakit padahal tidak jatuh atau keseleo, terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda mengenai nyeri kaki yaitu pada pergelangan kaki saat berolahraga. Ketahuilah, meskipun tidak secara nyata terjatuh, mungkin saja telah terjadi cedera pada pergelangan kaki Anda saat bermain basket. Contohnya adalah kondisi muscle sprain hingga dislokasi. Bagaimana gambaran area pergelangan kaki Anda, apakah ada bengkak? Adakah kemerahan? Adakah rasa panas pada area tersebut? Untuk mengetahui penyebabnya, tentu saja harus diperiksakan secara langsung.

RICE merupakan pertolongan awal yang ditujukan sebagai penanganan saat terjadi cedera muskular. Walaupun tidak dapat segera dilakukan, anda masih dapat mengaplikasikannya pada area yang cedera.

Yang dimaksud dengan RICE, antara lain :

Rest (Istirahat)Kurangi aktifitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Kemudian, secara bertahap daerah yang mengalami cedera tersebut dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.

Ice (es)Dinginkan daerah yang cedera dengan menggunakan es yang dilapisi kain/handuk selama maksimal 20 menit dan dapat diulangi setiap 3-4 jam

Compression (penekanan)Untuk mengurangin pembengkakan lebih lanjut sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penenkanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastik.

Elevation (peninggian)Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah yang mengalami cedera berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

Pada cedera yang ringan dapat diatasi hanya dengan melakukan ke-empat prinsip penanganan cedera yang telah disebutkan di atas dan ditambah dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, seperti obat dari golongan acetaminophen, atau NSAID. Obat anti nyeri ini bisa didapatkan pada apotek terdekat.

Kami tetap menyarankan agar pergelangan kaki Anda diperiksakan secara langsung ke dokter, bila keluhan menetap/ semakin memberat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar