Sukses

Kepala Anak Terbentur, Berbahayakah?

08 Oct 2018, 10:34 WIB
Pria, 27 tahun.

Assalamualaikum ibu/pak dokter, saya ingin menanyakan hal yang menurut sebagian orang itu masalah sepele, tapi menurut saya itu fatal dan pasti ada pengaruhnya, begini dok yang ingin saya tanyakan masalah tumbuh kembang anak, ijinkan saya bercerita terlebih dahulu jadi begini ceritanya " Anak saya berumur 1th 2 bulan sedang berjalan kesana kemari dan sangat aktif, tetapi anakku tiba - tiba terpleset dan jatuh, posisi jatuh terlentang (kayang), dan mengenai kepala belakang, anak saya langsung menangis dan langsung disusuin sama ibunya, secara fisik tidak ada luka dan benjolan dan anak tetap aktif, tidak pinsan, tidak muntah, yang saya ingin tanyakan ada perbedaan pengaruh tidak antara posisi jatuh mengenai kepala depan dan belakang, apakah ada pengaruh keperkembangan anak terutama otaknya dan bagaimana cara memastikan jika tidak ada luka dalam terutama kepala, terimakasih dok, sungguh saya sangat resah, dan ini buat pelajaran bagi kami selaku orang tua agar lebih ketat lagi menjaga anak. dan memastika tempat yang aman. jawaban anda sangat saya tunggu terimakasih banyak

Terimakasih sudah bertanya seputar kepala terbentur pada anak melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Kepala memang merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan otak dan sistem saraf pusat lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak, termasuk benturan kepala. Namun benturan kepala yang harus diwaspadai adalah bila diikuti dengan keluhan muntah, kejang, penurunan kesadaran atau sakit kepala terus-menerus, rewel, menangis terus.

Saat ini anda tidak perlu merasa khawatir bila anak anda tidak mengalami salah satu gejala yang saya sebut di atas, karena pada dasarnya kepala dilindungi oleh tulang kepala yang sangat kuat. Dibutuhkan benturan yang sangat kuat sehingga mampu menimbulkan gangguan/kerusakan di dalam kepalanya. Namun demikian, tindakan pencegahan merupakan tindakan yang jauh lebih baik daripada pengobatan. Tentunya anda juga tidak menginginkan sesuatu yang buruk menimpa anak anda. Oleh karena itu kami sarankan sebaiknya jangan pernah tinggalkan anak anda sendirian tanpa pengawasan. Nasihatilah anak anda untuk lebih berhati-hati saat bermain. Semoga kejadian yang sama tidak akan terulang kembali.

Demikian informasi yang bisa diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar