Sukses

Lingkaran pada Bola Mata

07 Oct 2018, 18:33 WIB
Pria, 12 tahun.

Dok saya mau nanya, kan saya pengguna softlens nih, baru baru ini sih sekitar 1 bulan lebih Nah saya mau nanya, kok di pinggir bola mata hitam saya kayak ada ring warna abu abu gitu yah Tidak mengganggu penglihatan sih, tapi sebelum pakai softlens biasanya gak ada dok Saya jadi takut memakai softlens Itu saja donk pertanyaan dari saya Terima kasih, tolong di jawab

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ijinkan kami untuk menanyakan beberapa pertanyaan terkait keluhan Anda.

Apakah lingkaran putih pada kedua mata Anda tersebut bersifat menetap? atau hanya timbul bila Anda melihat cahaya?

Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut?

Apakah Anda memiliki keluhan lain seperti mata merah, berair, gatal, nyeri, bengkak?

Apakah Anda mengalami penurunan ketajaman mata?

Apakah terdapat keluhan bintik-bintik yang melayang di mata?

Aapakah terdapat keluhan pandangan berasap atau berawan?

Apakah Anda memiliki riwayat trauma pada mata?

Apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol tinggi?

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab keluhan yang Anda alami karena untuk mendiagnosis penyakit mata dibutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang mata. Perlu diketahui penting sekali untuk membedakan apakah lingkaran putih bersifat menetap atau muncul ketika ada cahaya saja untuk menentukan diagnosis dan diagnosis banding keluhan  mata.

Jika lingkaran putih terletak di kedua mata dan berada di pinggir kornea (bagian hitam pada mata) maka kemungkinan lingkaran putih tersebut adalah arcus senilis. Arkus senilis dibentuk oleh deposit lemak dan berhubungan dengan penuaan. Lebih sering terjadi pada laki-laki. Jika ditemukan pada individu di bawah usia 40 tahun maka perlu dipikirkan adanya gangguan kolesterol dalam darah.

Jika lingkaran terjadi saat melihat cahaya maka disebut sebagai halo. Biasanya lingkaran halo dikeluhkan sebagai lingkaran seperti pelangi.dan seringkali disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti peningkatan tekanan bola mata (glaukoma), katarak (kekeruhan lensa mata) atau kornea mata bengkak (edema kornea).

Hal yang kami disebutkan di atas hanyalah perkiraan karena memang selayaknya kondisi keluhan pada mata harus dilihat secara langsung oleh dokter yang memeriksa agar dapat ditentukan diagnosis dan penanganan yang sesuai. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis mata.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

4 Komentar