Sukses

Mengatasi Hipertensi
07 Oct 2018, 06:45 WIB
Pria, 41 tahun.

Tanya dok, sy pria 41th 4bulan lalu masuk Rs, perut besar (asites) kata doter gula darah tinggi/jantungterganggu, tensi sblm masuk Rs biasa stabil di 130-140/80, tensi keluar Rs di 90-110/80, dlm 1minggu sekarang ini tensi kok 120-130/90 pernah bawah 100, sdh minum obat tensi tapi bawah kok tetap di 90 an ya, kira2x apa yg harus sy lakukan & supaya badan fresh/sehat terus, terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi hipertensi melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Darah tinggi atau hipertensi dapat dikontrol dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, seperti pengaturan pola makan dan olahraga. Jika masih belum berhasil, barulah digunakan obat-obatan penurun tekanan darah.

Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Namun hal tersebut harus dilakukan secara rutin, mninimal 3 kali seminggu, cukup 30-60 menit setiap kalinya.

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah. Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat. Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan. Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Jika dengan cara di atas darah tinggi masih belum dapat terkontrol, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat hipertensi yang sesuai dengan keadaan Anda. Mungkin obat yang Anda konsumsi harus diubah, ditambah dosis atau frekuensi meminumnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan terkait mengatasi hipertensi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar