Sukses

Linu Pada Lutut

07 Oct 2018, 06:31 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo, dok. Saya sering mengalami linu pada bagian sendi lutut, baik kiri atau kanan, dan biasanya rasa nyeri sampai bagian pergelangan kaki. Dan biasanya saya alami lutut linu itu karena faktor angin yg masjk k tubuh, baik krena pake kipas angin yg anginnya trllau kencang, atau karena penggunaan ac yg trlalu dingin, shingga mmbuat bagian lutut terutama sendi di dalam lutut nyeri sakit sekali. Bahkan sering trjadi d malam hari, dan saya sampai terbangun krena tdk tahan dgn rasa nyeri nya. Selama ini saya hanya memakai krim otot ataupun balsem, tpi itu cuma meeingankan dlm semalam saja, dan esok siang nya biasanya trasa nyeri lagi. saya alami sprti ini sejak usia balita, sampai sekarang Bagaimana shrusnya pnanganan brikutnya, dok? Dan apakah ini hanya gejala sprt masuk angin saja, atau ada pnyakit di otot saya kira2?? Terima kasih, Dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan.

Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera.

Karena kurangnya informasi yang anda berikan, sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri pada lutut anda. Disamping itu, karena banyaknya struktur lutut yang mungkin menjadi penyebab, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunujang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Karena itu, kami sarankan agar anda segera melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis penyakit dalam ahli rheumatologi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan foto polos lutut anda, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan faktor rhoumatoid, atau bahkan dilakukan analisa cairan sendi.

Untuk mengurangi nyeri dapat dilakukan beberapa metode yaitu :

R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat lutut nyeri)I : Ice (mengkompres lutut dengan es bila terasa nyeri)C : Compress (membalut lutut yang terasa nyeri)E : Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri hingga setinggi jantung)Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar