Sukses

Jarang Buang Air Besar

04 Oct 2018, 10:03 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya punya adik di sangat kurus usianya 14 tahun dia jarang buang air besar bisa sampai 5 hari sekali nafsu makannya rendah sekarang dia sakit dan memiliki benjolan di leher namun hanya bisa di raba kalonya di lihat benjolannya tidak kelihatan dok, dia mudah lelah tanpq tau penyebabnya, sekarang berat badannya cuma 35kg berat badannya turun sekitar 3-4kg. Apakah adik saya punya penyakit serius, mohon penjelasannya dok.. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar jarang buang air besar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Disebut dengan konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/tahi/feces yang keras. Bagaimana dengan konsistensi kotoran anda? Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus. BAB tidak lancar memang dapat menjadi sumber kekhawatiran tersendiri karena menyebabkan rasa tidak nyaman dan gelisah.

Maka kemungkinan kondisi yang Anda alami (jarang buang besar, sebanyak 2 kali per minggu) adalah konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life). Bagaimanan dengan pola konsumsi makanan Anda?

Kami menyarankan Anda untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya, tidak menunda terlalu lama jika terasa hendak buang air besar. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat untuk membantu buang air besar dan perlu dicari penyebab keluhan Anda dengan pemeriksaan lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai jarang buang air besar. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar