Sukses

Pengobatan Tuberkulosis

04 Oct 2018, 06:24 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halloo dok...saya mau tabya soal jadwal meminum obat OAT (warna kuning). Jadi yg sakit adl bpk saya, kemarin tidak sengaja tanpa sepengatuhan saya bpk sy minum obatnya lebih cepat 1 hari. Harusnya senin tp di minum minggu. (jadwal dr dokter senin, rabu, jumat). Apa tidak apa2 dok kalo di lanjutkan minum sesuai jadwal awal yaitu hari rabu dan seterusnya Terima kasih dok

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Obat Tuberkulosis banyak macamnya, namun untuk kategori 1, dapat diberikan empat macam obat yang perlu dikombinasi, yaitu Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Ethambutol. Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara. Penyakit ini dapat diobati dengan gratis karena ditanggung oleh program BPJS dengan obat yangd apat diambil di rumah sakit atau puskesmas. Jika tidak tepat satu hari, kami menyarankan untuk selanjutnya meminum sesuai jadwal dan diteruskan saja, asal tetap rutin dan tidak dihentikan.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Mengenai penyakit sinur costa preura dextra/bekas TB paru lesi luas yang Anda sebutkan, apakah anda pernah mengalami TB paru dan sudah menjalani pengobatan? apakah yang anda sebutkan merupakan hasil pemeriksaan radiologis(rontgen thorax/dada)? Jika benar, mungkin yang anda maksud adalah kelainan pada sinus/sudut costo-frenikus  dextra yang menumpul, efusi pleura atau sisa lesi TB(infiltrat) yang luas pada paru? Penumpulan sudut costo-frenikus  (sudut yang dibentuk oleh costae dan diafragma) dextra(kanan) pada hasil rontgen yang kami sebutkan tersebut dapat dapat terjadi akibat komplikasi tb paru, dimana terjadi penumpukan cairan pada rongga pleura(tanda efusi pleura). Selain itu, pada pasien tb yang telah menjalani pengobatan juga masih dapat ditemukan lesi yang berupa bercak infiltrat paru(terutama pada bagian apex/atas paru) yang dapat dilihat pada hasil rontgen dada.

Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru untuk evaluasi serta tatalaksana lebih lanjut.

Untuk melengkapi pengetahuan bersama, berikut ini adalah beberapa tulisan karya tim redaksi medis Klikdokter lainnya berkenaan dengan topik yang Anda tanyakan:

Apa Itu Tuberkulosis Paru

Waspadai Serangan Tuberkulosis

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar