Sukses

Meningkatkan Tekanan Darah

03 Oct 2018, 10:48 WIB
Wanita, 21 tahun.

Slmt dok,maaf saya mau bertanya, dok kamarin kan saya abis op hidung dok dan selagi dirawat pasti suster bulak balik utk tensi, ternyata darah saya dari dulu semakin merendah dok sekarang aja 90/70. Dok sebelum saya op kan memang konka hidung saya slalu bengkak dan saya slalu ngerasa nafas tdk plong dok. Pertanyaan saya nafas tdk plong itu bisa terjadi karna memang dr hidung apa dari tensi darah saya yg terlalu rendah ya dok? Oiya 1 pertanyaan lg dok kalau kita lagi mengkonsumsi obat dari rumah sakit apa boleh minum obat sangobion dari apotik lain? Teeimakasih dok,mohon dijawab:)

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Konka hidung yang bengkak tidak berkaitan dengan tekanan darah rendah maupun tinggi.Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg (90 adalah nilai sistolik, 60 adalah nilai diastolik), walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih.

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh menstruasi, perdarahan yang banyak, dehidrasi, diet yang yang berlebihan, pengaruh obat hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan dan gangguan hormonal.

Penanganan hipotensi tergantung dari penyebab dasarnya.

Namun beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah :

Segera berbaring dan angkat kaki Anda melebihi tinggi jantungKonsumsi garam yang lebih banyakBanyak minum air, hindari alkoholMakan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering)Namun jika setelah melakukan berbagai hal diatas, keluhan dari gejala hipotensi masih Anda rasakan, kami sarankan Anda segera konsultasi langsung dengan Dokter agar daat diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda dan mendapatkan terapi yang optimal.

Cairan infus adalah cairan yang dikemas secara steril untuk pengganti cairan tubuh, memberikan nutrisi tambahan dan mempertahankan fungsi normal tubuh pasien rawat inap yang membutuhkan asupan kalori cukup selama masa penyembuhan atau setelah tindakan operasi. Cairan infus memiliki beberapa macam jenis larutan yang disesuaikan dengan kondisi pasien rawat inap. Ada larutan isotonis, hipotonis maupun hipertonis. Cairan yang juga digunakan untuk pembawa obat-obatan ke dalam tubuh ini dibuat tidak untuk dikonsumsi secara oral atau diminum.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar