Sukses

Seputar Gangguan Cemas Berlebihan

02 Oct 2018, 18:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat Pagi Dok. Saya perempuan usia 21 Tahun. Sekitar 3 hari ini jantung saya berdebar kencang kemudian saya merasa cemas, gelisah, mual, agak susah bernafas, susah tidur, kadang sampai berpikir takut mati dok. Kadang punggung dan lengan kiri juga ikut sakit. Kejadian ini (jantung berdebar kencang) bisa muncul sewaktu-waktu dlm jangka waktu tidak terlalu lama sekitar 3-5 menit. Kalau cemasnya bisa sampai 30 menit dok. 6 bulan yg lalu saya juga mengalami hal seperti ini dok. Untuk informasi dokter, saat usia saya 11 tahun saya ditinggal anggota keluarga/saudara saya 4 orang meninggal secara berurutan. Karena hal ini saya pernah mengalami seperti kaget yg luar biasa, sedih yg sangat mendalam dan selalu terpikir. Kemarin 26.09.2018 saya ke klinik, dokter di klinik tsb bilang kalau denyut jantung sedang normal tidak bisa di cek apakah ada masalah atau tidak. Saran dokter tsb saat saya mengalami hal ini langsung ke UGD untuk di cek. Menurut dokter dari gejala yg saya rasakan tsb apakah ada masalah dengan jantung saya atau hanya panic attack/trauma karena masa lalu ya dok?  Apakah ada alat perekam denyut jantung yg dapat digunakan sehari-hari dok? Kalau ada saya bisa dapat dimana ya dok? Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih banyak

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nampaknya yang Anda alami saat ini dalam dunia medis disebut dengan gangguan cemas atau gangguan panik. 

Penatalaksanaan serangan panik dan gangguan cemas dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

 

Saat ini kami sarankan Anda mengunjngi dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dan pemberian obat. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda. Anda juga dapat mencoba mengatasi serangan panik tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

 

Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasanUntuk mengatasi rasa gugup di depan umum saat berpidato, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

Lakukan relaksasi sebelum tampil di depan publikPastikan Anda sudah mempersiapkan presentasi/pidato Anda sebaik mungkin, jika persiapan matang, maka akan tumbuh rasa percaya diri dan rasa cemas pun berkurang.Berpikir positif, yakinlah Anda dapat mengatasi situasi dan dapat menyelesaikan presentasi/pidato Anda dengan baikHindari makanan yang mengandung kafein karena dapat meningkatkan syaraf simpatis dan membuat gejala cemas Anda bertambahMeditasi atau yoga dapat membantu Anda untuk relaksasiTidur cukupSelain itu, untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas, Anda dapat juga mencoba untuk melakukan suatu terapi kolompok atau konseling dengan psikiatri. Akan lebih baik jika Anda mampu mengatasi serangan Anda tanpa obat-obatan dibandingkan ketergantungan terhadap obat penghilang rasa cemas. Anda perlu bersabar mengatasi masalah ini karena memang memerlukan waktu yang cukup lama. Jangan mudah putus asa. Sangat baik jika Anda dibantu oleh seorang profesional (dokter spesialis psikiatri) yang dapat membantu Anda dengan konseling  dan memantau perkembangan serta kemajuan  serta memantau berbagai kesulitan yang Anda hadapi.

Sebelumnya kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dahulu, untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit yang menyebabkan keluhan pada Anda.

Sampai saat ini belum ada alat perekam jantung sehari - hari yang bisa digunakan.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar