Sukses

Dahak Masih Positif TB Setelah 6 Bulan Pengobatan
01 Oct 2018, 17:34 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dokter,, Suami saya dinyatakan selesai penggobatan 6 bulan (infeksi paru) tapi setelah cek sputum hasilnya positif.. bagaimana itu dok..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada akhir pengobatan TB paru yang telah ditentukan, akan kembali dilakukan pemeriksaan, baik laboratorium darah, sputum dahak, maupun foto rontgen dada. Jika ditemukan masih adanya kuman TBC atau gambaran aktif adanya infeksi TBC, maka keadaan ini disebut TB kasus gagal pengobatan.

TB Paru Kasus gagal, yaitu:

a.  Adalah pasien BTA/pemeriksaan dahak awal positif yang masih tetap positif atau kembali menjadi positif pada akhir bulan ke-5 (satu bulan sebelum akhir pengobatan)

b. Adalah pasien dengan hasil BTA negatif gambaran radiologik positif menjadi BTA positif pada akhir bulan ke-2 pengobatan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kasus gagal, salah satunya ada adanya resistensi (kuman tahan terhadap obat) terhadap pengobatan yang telah diberikan sebelumnya dan untuk memastikannya harus dilakukan tes/uji resistensi terlebih dahulu. Selain itu harus didalami juga, apa pengobatan selama 6 bulan belakangan dilakukan secara rutin/ tidak pernah melewatkan minum obat? Sebelum ada hasil uji resistensi Anda dapat terlebih dahulu diberikan obat-obat TB lini ke 2. Bila tidak terdapat hasil uji  resistensi dapat diberikan obat TB paru kembali selama 5 bulan. DSebaiknya kasus gagal pengobatan dirujuk ke dokter spesialis paru. Periksakan suami Anda kembali, dan sebaiknya langkah-langkah pengobatannya diselesaikan hingga tuntas demi kebaikan suami Anda dan keluarga.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar