Sukses

Apakah Keguguran?
01 Oct 2018, 11:52 WIB
Wanita, 25 tahun.

Apakah ini keguguran atau janin masih bisa dipertahankan halo dokter senang bisa brtnya melalui website klikdokter ini :) mhn bantuan infonya. Haid terakhir saya pd 5 agustus 2018 tapi smp 27 sep ini saya belom kunjung haid. tp pd 26 sep & 27 sep pkl 6.00 WIB, saya mngalami flek kecoklatan > lalu saya putuskan melakukan test pack 2x & hasilnya Alhamdulillah positif. ini kehamilan pertama saya. lalu saya berencana ke dokter pkl 10.00 WIB. sambil menunggu saya berbaring tp saat bangun saya mngalami flek lebih banyak sprti darah haid cair kemerahan. Singkat cerita, saya bru dpt ketemu dokter pd pkl 15.30 WIB jdlah disela menunggu saya mngalami kontraksi yg sgt hebat lbh dr nyeri haid smp keringat dingin. Tp saat di usg mnrt diagnosa dokter hslnya saya positif hamil 5 minggu & baru keliatan kantung kehamilan tp ada ancaman keguguran (ab imminens) jd saya diksh penguat janin yg hrs diminum stlh mkn tp abis itu sy mlh keluar jaringan putih kemerahan. Apa itu tanda keguguran? / janin masih bisa dipertahankan? mhn petunjuknya dok, trm ksh.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keguguran adalah berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu yang menyebabkan kematian janin. Keguguran bisa disebabkan oleh:

Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibuPenyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyatiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.Kelainan hormonalDapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres/kelelahan. Ibu hamil yang kelelahan memang menjadi faktor penting penyebab keguguranTrauma/cedera pada kehamilanGejalanya dapat berupa nyeri pinggang atau perut bawah yang hebat dan terus menerus dan makin sering (seperti nyeri menstruasi), perdarahan dari kemaluan, keluar lendir dari kemaluan, atau keluarnya jaringan dari kemaluan.

Saat ini, memang ada kemungkinan gangguan kehamilan karena telah muncul perdarahan dan nyeri perut. Apalagi pada pemeriksaan sebelumnya ada diagnosis abortus imminens. Adapun obat penguat janin tersebut tidak berhubungan dengan kejadian abortus, karena fungsinya adalah sebaiknya. Namun sulit untuk menentukan apakah benar telah terjadi kehamilan hanya dengan riwayat tersebut. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah telah terjadi keguguran atau tidak adalah memeriksakannya lewat USG ke dokter kebidanan dan kandungan. Jangan tunda pemeriksaan ini, demi keselamatan calon buah hati Anda. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar