Sukses

Benjolan Leher, Apa Penyebabnya?

30 Sep 2018, 20:21 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, Saya mempunyai benjolan di area depan leher 2 kanan dan kiri (disamping batang tenggorokan) sudah sekitar 6 bulan lebih, tidak ada rasa sakit hanya saja ketika saya tidak fit seolah benjolannya membesar. Sekarang saya menyadari ada benjolan yg tumbul 1 lagi di leher depan sebelah kanan, jadi total ada 3 benjolan. Sebelumnya saya sempat melakukan pengangkatan benjolan / tumor jinak di payudara. Apakah benjolan di leher ini berbahaya dok? Apakah penanganan yg akan dilakukan jika saya harus pergi kedojter, apakah harus melakukan tindakan biopsi atau dapat dilakukan dengan obat2an terlebih dahulu? Terimakasih banyak dok, semoga dapat terjawab pertanyaan saya

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan leher yang saat ini Anda alami kemungkinan tidak berhubungan dengan benjolan jinak pada payudara sebelumnya.

Yang saat ini, paling mungkin disebabkan oleh:

  • Pembesaran kelenjar getah bening, yang seringkali disebabkan oleh infeksi. Pembesaran akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya ketika infeksi telah sembuh.
  • Kista kulit, yaitu benjolan yang berisi cairan, teraba di bawah kulit dan dapat digerakkan. Benjolan ini dapat menghilang sendiri tanpa pengobatan.
  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok).

Kami sarankan agar Anda menemui dokter penyakit dalam untuk hal ini, terlebih bila benjolan tidak menghilang dalam waktu 2 minggu sejak timbul.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar