Sukses

Meningkatkan Nafsu Makan Anak

30 Sep 2018, 18:06 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sore dok, saya ingin menanyakan tentang anak saya, anak saya berusia 8m15w prempuan ..dr usia 6M hingga sekarang bb anak saya tidak ada kenaikan dok tetap 7 kg, tetapi anak saya makan lahap cemilan seperti biskuit dan buah2han pun lahap..apa yang harus saya lakukan ya dok? Apakah saya harus mengganti susu anak saya, kebetulan anak saya memakai sufor dok sufor nutrilon..mohon saran nya dok terimakasih..

Terima kasih telah bertanya seputar Meningkatkan Nafsu Makan Anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Masalah gizi anak memang selalu menjadi topik utama bagi orangtua. Apabila anaknya tampak kurus, kekhawatiran orangtua terjadi, akankah anak mereka dapat memiliki tumbuh kembang yang sesuai atau tidak. Apabila Anda dan pasangan termasuk kurus, ada kemungkinan anak Anda mengikuti jejak Anda. Pada beberapa anak memang terlihat kurus, karena memiliki kecenderungan genetik untuk menjadi kurus. Namun, apabila setelah diperhatikan berat badannya yang menurun drastis, hal ini harus didiskusikan lebih lanjut ke dokter. Penurunan berat badan dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit yang mendasari.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya. Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan berat badan anak Anda adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori yang sehat.

Berikut beberapa kiat yang dapat Anda terapkan untuk menambah nafsu makan anak Anda:

  • Beri camilan yang sehat, kaya serat dan multivitamin seperti potongan buah, sayur kukus, keju, jagung, dan lain sebagainya
  • Atur waktu makan camilan jauh sebelum waktu makan sehingga anak tidak kekenyangan saat waktu makan tiba
  • Minum susu secukupnya. Konsumsi susu seringkali dianggap dapat menggantikan makanan utama seperti nasi, sayur dan lauk-pauk padahal secara gizi susu dikonsumsi hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor yang juga bisa didapatkan dari ikan, sayur, dan buah-buahan
  • Variasikan menu makan anak dengan teknik penyajian yang menarik
  • Hindari tindakan pemaksaan

Pada usia > 2 tahun anak cenderung sering membantah dan tidak menurut. Sikap negativistik ini juga dapat terlihat sebagai tindakan penolakan terhadap makanan. Hal ini merupakan bagian dari tahapan perkembangan normal psikologis anak untuk menunjukkan keinginan anak menjadi mandiri. Semakin dipaksa anak akan semakin menolak. Oleh karena itu anda harus dapat memahami dengan tidak memaksanya.

Jika anak Anda adalah pemilih makanan dan menolak untuk menambah makanan baru dalam makannya, dapat dicoba juga dengan menggunakan suplemen makanan cair berkalori tinggi sesuai rekomendasi dokter. Namun harus dipastikan bahwa jumlah konsumsi susu, suplemen makanan cair, dan jus yang anak Anda makan jangan sampai membuatnya kenyang sehingga melupakan menu makan utamanya. Cobalah untuk membatasi jus untuk tidak lebih dari satu cangkir sehari dan susu tidak lebih dari dua cangkir sehari.

Apabila anak Anda dirasakan sudah mendapatkan cukup kalori tapi tampaknya belum mendapatkan berat badan ideal, terus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan kondisi yang mendasari. Seluruh dokter spesialis anak memiliki kompetensi yang sama untuk mengevaluasi kondisi buah hati Anda dan memberikan penanganan yang terbaik.

Demikian informasi seputar Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar