Sukses

Pertanyaan - #263701

30 Sep 2018, 07:27 WIB
Pria, 23 tahun.

dok di puting payudara saya mengeluarkan cairan dan itu gatal dan berkerak bekasnya. kebetulan ditangan dan kaki saya ada eksim. namun sudah sembuh karna saya sudah berobat ke dokter spesialis kulit. dan untuk di puting saya sudah diberi salep kemudian sembuh. namun terjadi lagi puting payudara saya mengeluarkan cairan kembali dan diberi salep sembuh. kemudian terjadi berulang lagi. kenapa belom sembuh untuk yang diputing ya dok ? apa karna saya makan telor dan ikan teri jadi mulai timbul lagi di puting payudara ? atau karna bra saya menyerap keringat terlalu banyak jadi muncul lagi ? apakah eksim basah bisa timbul di puting payudara dok ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Gatal pada payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu iritasi (akibat bahan pakaian dalam yang tidak nyaman atau gesekan), alergi, hingga infeksi jamur maupun bakteri.

Berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan gatal:

Menjaga kebersihan dan kekeringan payudara dan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).

Jangan mengenakan pakaian dan pakaian dalam yang terlalu ketat dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi  payudara Anda bila bergesekan.

Selain itu, gunakan yang bahannya menyerap keringat. Jika terasa gatal, hindari menggaruk, tepuk-tepuklah area yang gatal. 

Setelah mandi, keringkan dengan menepuk-nepuk handuk pada area yang gatal, jangan digosok.

Cobalah menggunakan krim pelembab di area payudara Anda untuk mengurangi iritasi.Jika rasa gatal tidak tertahankan, Anda bisa mengkonsumsi obat antigatal seperti CTM atau cetirizine. Bila rasa gatal ini sudah berlangsung lebih dari 1 minggu, sebaiknya datangi dokter spesialis kulit agar diketahui apa penyebab gatal yang sebenarnya sehingga penangannya pun lebih tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar