Sukses

Pertanyaan - #263700

30 Sep 2018, 07:27 WIB
Pria, 21 tahun.

Halo Dok. Saya ingin bertanya. Saya mengalami masalah pada dada sebelah kiri saya. Dada kiri saya membesar seperti payudara pada perempuan. Ukurannya kira-kira 70% dari ukuran payudara normal perempuan. Kejadian ini saya sadari ketika berumur 15 tahun. Namun saya abaikan karena beranggapan akan hilang dengan sendirinya. Sekitar umur 18 tahun saya sempat memeriksakan ke dokter umum, namun katanya tidak terlalu serius, dampaknya hanya akan berpengaruh ke ketidak PD an saya. Sampai saat ini (21 tahun), pembesaran dada kiri saya tidak mengecil. Walaupun tidak terlalu signifikan, tapi sedikit membesar. Kondisinya tidak sakit kalau ditekan, dan tidak pernah keluar cairan apapun dari putingnya. Kira-kira kelainan saya ini kenapa ya dok? Jika saya ingin ke dokter spesial, dokter spesialis apa yang tepat untuk penyakit saya? dan jika membutuhkan operasi, kira-kira kisaran biayanya sebanyak apa? Terimakasih atas jawabannya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Payudara identik dengan perempuan. Untuk sebagian orang, kedua gundukan yang berisi jaringan lemak, kelenjar, serta duktus (saluran) tersebut merupakan lambang keindahan perempuan. Bagaimana bila kemudian laki-laki memiliki payudara yang membesar?

Kondisi payudara yang membesar pada anak atau laki-laki dewasa disebut ginekomastia. Keadaan ini umumnya ditemukan pada remaja dan laki-laki yang berusia tua. Pembesaran payudara tersebut dapat bervariasi ukurannya, dari hanya jaringan tambahan di sekitar puting hingga pembesaran seluruh payudara. Kadang jaringan payudara tersebut dapat terasa nyeri.

Terdapat beberapa penyebab ginekomastia:

Ketidakseimbangan hormone.

Ginekomastia dapat disebabkan ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen. Estrogen menyebabkan jaringan payudara tumbuh. Semua laki-laki sebetulnya memproduksi estrogen dalam jumlah sedikit, namun kadarnya jauh di bawah testosteron. Bila keseimbangan hormon tubuh berubah, jaringan payudara pun tumbuh.

Adanya estrogen ibu pada bayi laki-laki yang baru lahir

Kondisi ini bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa minggu. 

Pubertas

Saat pubertas, kadar hormon anak laki-laki bervariasi. Bila kadar testosteron turun, estrogen akan menyebabkan jaringan payudara tumbuh. Ginekomastia pada pubertas ini biasanya hilang seiring dengan bertambahnya usia remaja saat kadar hormon mereka lebih stabil.

Usia tua

Seiring dengan proses penuaan pada laki-laki, semakin sedikit testosteron yang diproduksi. Selain itu, laki-laki yang lebih tua juga memiliki lemak tubuh yang lebih banyak sehingga memicu produksi estrogen. Perubahan kadar hormon ini menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara yang berlebih.Pada beberapa kasus, ginekomastia dapat disebabkan oleh:

Efek samping obat-obatan tertentu, seperti obat untuk penyakit jantung

Obat terlarang seperti marijuana atau steroid anabolic

Terlalu banyak konsumsi alkohol

Gagal ginjal atau penyakit hati

Sindrom Klinefelter

Benjolan atau infeksi pada testis

Terdapat dua penanganan ginekomastia: Operasi untuk mengangkat jaringan payudara yang berlebih,Pengobatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon.Bila Anda mengalami ginekomastia, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk dilakukan evaluasi dan tatalaksana yang sesuai. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter andrologi atau dokter bedah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar