Sukses

Pertanyaan - #263557

30 Sep 2018, 07:26 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat Pagi dok.... Dok, saya punya anak usia 15 bulan. Awalnya anak saya minum susu formula Enfagrow, baru 3 hari saya ganti ke susu formula Bebelac. Selama 3 hari BAB-nya masih lancar seperti biasanya, di hari ke 4 BAB-nya mulai rutin, yang harusnya 1 hari 1 kali nie 1 hari sampe 2-3 kali. Apakah anak saya gak cocok ya dok sama susunya yang sekarang.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima Kasih sudah bertanya seputar BAB sering pada anak melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Buang air besar antara anak dan dewasa tentu berbeda karena anak sistem pencernaanya dalam proses perkembangan. awalnya BAB anak cenderung cair semakinlama BAB menjadi lebih seperti pasta seblum akhirnya memadat. pada usia 15 bulan biasanya konsistensi BAB sudah mulai antara pasta dan padat. yang perlu diperhatikan apakah anak BAB jumlahnya banyak, terdapat perubahan konsistensi, apakah benar benar dalam waktu yang berbeda atau dalam satu waktu BAB belum tuntas sehingga terkesan sering.

Berat badan anak juga harus dipantau berdasarkan kurva dan tinggi badan jika dalam posisi ideal biasanya BAB yang terjadi masih dianggap normal. BAB yang terkesan sering ini bukan serta merta menandakan alergi susu sapi. Perhatikan terutama bagaimana konsistensi tinjanya, apabila tidak cair dan berbentuk pasta masih dapat dianggap normal. 

Apabila BAB terjadi lebih dari 3 kali dalam sehari dan konsistensinya cair, maka dapat terjadi gangguan pertumbuhan. Apabila ada tanda BAB makin sering, perubahan konsistensi BAB, BAB jumlahnya meningkat maka Anda dapat konsultasikan kondisi ke dokter spesialis anak.

Demikian kami sampaikan informasi seputar BAB sering pada anak, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar