Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Pertanyaan - #263120

30 Sep 2018, 07:24 WIB
Pria, 19 tahun.

Siang dok, saya mau menanyakan perihal sakit di dalam lubang vagina saya seperti ditusuk-tusuk jarum, kadang perih, kadang seperti ada sesuatu . Tapi saya belum pernah melakukan hubungan intim dan saya juga belum menikah. Saya telah mengalami sakit ini lebih dari satu tahun. Dan saya sudah berobat kesana sini tapi tak kunjung sembuh. Dan kata dokter yang sudah saya kunjungi kata nya rahim saya luka. Saya mohon penjelasannya dok saya sakit apa sebenarnya, kenapa tidak sembuh..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri pada vagina menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keluhan berupa rasa nyeri pada vagina ini dapat disebabkan karena iritasi atau peradangan yang terjadi pada daerah genitalia. Iritasi atau peradangan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Infeksi. Sekitar 90% kasus vaginitis pada wanita yang telah melakukan hubungan seksual disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur ataupun parasit. Vaginitis akibat infeksi biasanya disertai dengan keluarnya lendir dari vagina (keputihan) yang memiliki gambaran berbeda-beda tergantung penyebabnya. Infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual, karenanya termasuk ke dalam golongan penyakit menular seksual (PMS)
  • Terjadinya perubahan hormonal dalam tubuh. Biasanya terjadi pada wanita setelah melahirkan, setelah menopause atau perempuan sebelum pubertas, dimana kadar estrogen dalam tubuh rendah. Biasanya hanya disertai pengeluaran sedikit cairan vagina, atau terkadang bahkan vagina terasa kering
  • Iritasi atau alergi akibat pemakaian kondom, zat spermisida, sabun, pembersih vagina, lubrikan, dan lain-lain.
  • Adanya benda asing dalam vagina, seperti adanya tampon atau kondom yang tertinggal dalam vagina sehingga menimbulkan vaginitis yang disertai keluarnya lendir vagina yang bau.
  • Nyeri psikologis

Bila Anda merasa nyeri tetap mengganggu, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis untuk menentukan penyebab dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informas iyang dapat kami sampaikan mengenai nyeri pada vagina, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar