Sukses

Pertanyaan - #262905

30 Sep 2018, 07:21 WIB
Wanita, 23 tahun.

Aslmk Selamat pagi dokter, saya mau tanya. Saya skrg sedang hamil anak k2 dgn usia kandungn memasuki 36minggu. Sewaktu saya melahirkan anak prtma saya, saya sempat mnjalani operasi cesar. Yg saya ingin tnya kn apakah boleh kalau saya ingin berganti dkter yg prtma dgn dkter yg baru?? Tks wass

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya tentang seputar kehamilan kedua melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Dahulu, sempat dicetuskan bahwa sekali melakukan persalinan cesar, maka selanjutnya harus terus dengan cesar. Namun, kini persalinan normal setelah sebelumnya bersalin cesar memang menjadi populer kembali, namun dengan catatan harus memperhatikan kondisi masing-masing ibu terlebih dahulu. Tidak semua ibu yang memiliki riwayat persalinan cesar dapat melahirkan kembali dengan cara normal. Kasusnya harus dilihat satu persatu. Sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai kondisi dan kemungkinan untuk melahirkan normal.

Berikut beberapa syarat untuk melakukan persalinan normal setelah riwayat persalinan cesar atau disebut juga VBAC (Vaginal Birth After Cesarean):

Tidak lebih dari 2 kelahiran cesar yang menggunakan sayatan transversal rendah.Tidak ada bekas luka rahim, kelainan atau riwayat rahim robek sebelumnya.Petugas kesehatan harus siap untuk memantau atau melaksanakan persalinan atau merujuk untuk melakukan bedah caesar jika perlu.Lokasi kelahiran Anda harus memiliki petugas yang tersedia pada akhir pekan dan malam hari jika kasus bedah caesar diperlukan.Jika alasan awal kelahiran sesar tidak berulang kembali pada kehamilan iniAnda tidak memiliki masalah kesehatan utamaBayi dalam ukuran normalBayi kepala di bawah

Sedangkan VBAC tidak direkomendasikan dalam situasi:

Jika Anda sedang hamil dengan kembarJika Anda memiliki diabetesJika Anda memiliki tekanan darah tinggi

Terapi hypnobirthing, yaitu menggunakan terapi hipnotis agar ibu yang akan melahirkan merasa relaks, santai, dan tidak takut ketika akan melahirkan. Jadi sebetulnya tidak ada hubungannya antara hypnobirthing dengan VBAC, karena yang ditakutkan jika jarak melahirkan terlalu dekat bisa terjadi perforasi atau robekan.

Mengenai apakah Anda harus kontrol ke dokter pertama atau boleh di dokter lain, memang dokter pertama akan lebih mengetahui riwayat kehamilan Anda dan kondisi Anda, namun apabila karena satu dan lain hal tidak dapat kontrol ke dokter pertama, boleh saja Anda berkonsultasi dengan dokter lain. Sangat penting menceritakan riwayat kehamilan Anda sebelumnya, terutama alasan metode persalinan caessar pada dokter yang baru. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, dengan demikian, dapat dilakukan tatalaksana maksimal untuk kehamilan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kehamilan kedua. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar