Sukses

Sesak Nafas Karena Efusi Pleura

28 Sep 2018, 14:21 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya sudah perawatan epusi pleura 11 bln dan dinyatakan sembuh,tetapi kadang nafas saya seperti ter egah egah dan ingin nafas panjang padahal tidak melakukan apa-apa.. kenapa nafas takunjung sembuh padal sudah perwatan 11 bln?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang penanganan sesak karena cairan di paru melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya, ada beberapa hal yang masih harus kami tanyakan terkait keluhan Anda. Apakah cairan paru yang dimaksud adalah cairan di jaringan paru atau di selaput paru? Adakah keluhan lain seperti bengkak di kedua kaki, tangan, sesak ketika tidur, batuk?

Cairan di jaringan paru dinamakan edema paru. Cairan di selaput paru dinamakan efusi pleura. Keduanya dapat terjadi pada penderita gangguan jantung, yaitu suatu kondisi dimana jantung lemah dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga terjadi penumpukan cairan di berbagai organ tubuh salah satunya adalah paru. Kondisi ini bila tidak diatasi dapat menimbulkan sesak napas.

Penanganannya tergantung dari apa penyebabnya. Bila cairan yang dimaksud adalah edema paru, maka harus diberikan obat untuk mengeluarkan cairan tersebut melalui urin. Lain halnya dengan efusi pleura, bila sudah cukup banyak, cairan tersebut harus dikeluarkan dengan cara disedot menggunakan selang yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan cairan efusi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar Anda dapat diperiksa secara menyeluruh terkait kondisi paru dan jantungnya dan ditentukan apa penyebab sesaknya. Setelah itu dapat ditentukan bagaimana pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

1 Komentar

  • selamat siang dokter, apakah diagnosa dokter berdasarkan hasil rontgen bahwa ada cairan di paru2, dg gejala sesak nafas apabila berbaring, hanya bisa dibantu dg sedot keluarkan cairan? apakah tdk bisa dibantu dg obat lain selain disedot? sejauh mana efek dr tindakan sedot ini? terima kasih 🙏