Sukses

Diare Pada Anak
28 Sep 2018, 10:19 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, saya mempunyai anak berusia 2thn 1bulan. Saat ini sudah masuk hari ketiga anak mengalami BAB yg sering/bisa disebut diare. Dalam sehari bisa 7-8x BAB. Tapi Alhamdulillah anak msh mau makan walau memang dalam porsi yang sangat sedikit, dan masih mau minum air putih sehingga tdk ada tanda2 dehidrasi. Namun, sudah 2hari ini saya berikan Lacto-B 2x dlm sehari dan Zircum Kid msh tdk ada perubahan juga. Memang sebelumnya saat usia 22bln, anak saya pernah diopname gara2 diare juga sampai dehidrasi dan diberikan terapi obat Zircum Kid. Setelah kejadian diopname itu, anak saya sering sekali yg namanya diare. Hampir setiap bulan pasti sakitnya diare. Dan rentan waktunya bisa 3-5hari. Seperti biasa obat yg saya berikan Lacto-B dan terapi Zircum Kid selama 10hari itu. Yang ingin saya tanyakan, 1). Mengapa anak saya rentan terkena diare padahal daerah rmh saya bukan daerah kumuh. Juga rmh saya pun selalu dlm keadaan bersih. 2). Amankan bila saya sering memberikan Lacto-B dan Zircum Kid? Mengingat itu mengandung bahan kimia. 3). Obat apa yang sebenarnya harus saya berikan untuk anak agar saat mulai mengalami gejala diare bisa segera diatasi secepatnya agar tdk terlalu berhari2 lamanya anak merasakan sakit? NB: anak saya tdk mau bila diberikan oralit. Dan kadang bisa lgsg muntah. Terima kasih banyak ya, Dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter di Klikdokter.com

Halo!

 1. Diare pada anak seringkali disebabkan infeksi, yaitu infeksi rotavirus. Apakah anak anda sudah mendapatkan vaksin rotavirus?

Seringkali penyebab diare adalah dari pengolahan makanan yan kurang bersih. Jika rumah dirasa bersih, bagaimana area dapur dan proses pengolahan makanan? Apakah selalu cuci tangan sebelum dan setelah mengolah makanan? Apakah bahan makanan dicuci bersih? Apakah bahan makanan dimasak hingga matang? Apakah anak dibiasakan mencuci tangan terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet? Apakah anak sering bermain diluar? Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan dicaritahu sebagai pemicu diare pada anak anda.

Diare selain disebabkan infeksi, bisa juga disebabkan ketidakmampuan mencerna makanan tertentu. Apakah ada makanan atau minuman tertentu yang memicu diare pada anak anda?

Anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat pasti tidak akan mudah sakit. Apakah anak anda sudah makan bergizi untuk menunjang sistem kekebalan tubuhnya? Bagaimana dengan konsumsi sayur dan buah?

Diare yang muncul setiap bulan bukanlah hal wajar, saran kami sebaiknya periksakan anak anda dengan dokter anak agar dapat dicaritahu lebih lanjut penyebabnya.

2. Lacto B berisi probiotik, sementara zircum merupakan suplemen berisi zink. Kedua zat ini seringkali diberikan pada anak diare untuk membantu penyembuhannya. Perlu diperhatikan, zink umumnya diberikan selama 10 hari, baik jika anak sudah sembuh maupun belum. 

3. Pada anak diare, obat diare dewasa yang bertujuan men-stop diare tidak bisa diberikan. Sehingga penanganannya dengan pemberian cairan untuk menghindari dehidrasi (paling baik oralit, namun jika anak tidak mau bisa diberikan cairan lain), zink dan probiotik. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar