Sukses

Penanganan Tonsilitis

28 Sep 2018, 06:49 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya sedang mengalami tonsilitis stadium II, saya berobat ke drg.SpBM, dan dikasih Levofloxacin 500mg 1xsehari 1tab, ranitidine 150mg 2xsehari 1tab, methylprednisolone 4mg 3xsehari 2tab. Tapi sblmnya, sya juga mengalami orchitis dan berobat ke dr.SpKK dan diberikan antibiotik Doxicor 50mg 2x1 1tab, antiradang Nutriflam Neo 2xsehari 1 tab. Pengobatan antibiotik untuk orchitis sudah dihentikan oleh dr.SpKK dan sisa meminum antiradang saja. Pertanyaan: 1. Apakah obat yg diberikan oleh drg.SpBM bisa diminum bersamaan dgn Nutriflam yg diberikan oleh dr.SpKK?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Pengobatan Tonsilitis.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Obat yang diberikan oleh dokter bedah mulut Anda sudah mengandung komponen anti radang yaitu methylprednisolon, namun kami menyarankan agar Anda bertanya langsung kepada dokter kulit Anda terkait pemberian Nutriflam untuk mencegah diminumnya dua obat bersamaan dengan efek yang sama. Karena kami tidak dapat menyarankan pemberian atau penghentian obat tanpa pemeriksaan langsung dan melihat keseluruhan masalah yang didapatkan dari pemeriksaan fisik.

 Infeksi pada amandel atau tonsil yang disarankan untuk melakukan operasi umumnya disebabkan oleh kuman Streptococcus. Operasi pengangkatan tonsil (tonsilektomi) ataupun adenoidektomi umumnya dilakukan pada anak-anak. Tonsilektomi atau adenoidektomi diindikasikan pada pasien dengan :

Tonsilitis akut dengan episode berulang

Tonsilitis kronik yang persisten dan menyebabkan nyeri tenggorokan

Terdapat keluhan sleep apneu (sumbatan saluran napas akibat tonsil yang membesar)

Sulit menelan akibat tonsil yang membesar

Tonsil yang sangat besar dengan kripta

Jadi tidak semua tonsilitis dioperasi. Tonsil sendiri merupakan salah satu pertahanan tubuh sehingga apabila tidak memenuhi indikasi diatas maka tidak perlu dioperasi. Pembesaran tonsil dan adenoid dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari pencetus alergi, dan menghindari zat yang merangsang pembesaran tonsil dan adenoid seperti MSG dan dingin.

Apabila terdapat peradangan baik faring maupun tonsil, dapat diatasi dengan obat-obatan, baik antiradang, batuk, atau antibiotik bila perlu. 

Kami sarankan agar Anda mencarai second opinion dari dokter spesialis THT lain terlebih dahulu jika masih merasa ragu untuk dilakukan tindakan operasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengobatan Tonsilitis. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar