Sukses

Latihan Pasca Operasi Tulang Paha

27 Sep 2018, 18:30 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, aaya mau tanya mengenai paha saya , saya habis menjalankan oprasi patah tulang paha (femur) setelah oprasi saya kan takut gerakin bagian kaki kiri saya jadi saya diamkan kaki saya selama seminggu tanpa gerak , stelah seminggu dok ter menyarankan untuk kakinya ditekuk total agar ototnya tidak kaku, nah sudah selama sebulan ini sya berlatih terus untuk melipat kaki saya, dan sekarang tinggal sedikit lagi bisa ditekuk total, tpi ini sulit dan sakit banget beda sama yg saya rasain sebelumnya , nah bagaimana sarannya / latihan apa yg harus saya lakukan agar kaki saya bisa ditekuk normal? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Pada dasarnya, setelah operasi patah tulang Anda didorong untuk bisa berjalan sesegera mungkin, selama tidak ada komplikasi atau ada hal-hal lain yang perlu menjadi perhatian.

Mulailah berjalan dengan bantuan tongkat/kruk. Berikan beban berat badan semampu dan senyaman mungkin. Hal-hal berikut perlu diperhatikan:

  • Setelah operasi, Anda akan mengalami pembengkakan dan nyeri pada paha yang akan membatasi jumlah tekanan yang bisa Anda berikan pada kaki yang cedera. Oleh sebab itu, Anda memerlukan bantuan tongkat/kruk untuk berjalan pertama kali setelah operasi.
  • Sebagian besar dokter bedah akan mendorong Anda untuk berjalan pada hari pertama pasca operasi dan memberikan beban berat badan semampu Anda, dengan bantuan kruk. Gunakan kruk selama Anda nyaman dan ini biasanya bervariasi, ada yang menggunakannya hanya beberapa hari, ada pula beberapa minggu.
  • Penting untuk berjalan senormal mungkin. Untuk bisa berjalan normal, tapakkan kaki ke tanah dengan tumit dan kunci lutut saat kaki telah menapak.

Berikut tips agar Anda bisa berjalan normal sesegera mungkin:

  1. Berjalanlah sesegera mungkin pasca operasi, bisa secepat satu hari pasca operasi.
  2. Gunakan 2 kruk/penopang yang ditempatkan di kedua ketiak untuk berjalan pertama kali.
  3. Transisi ke penggunaan 1 kruk saja. Biasanya ini dapat dilakukan setelah 2 minggu.
  4. Berikan beban saat berjalan semampu mungkin.
  5. Untuk bisa berjalan normal, tapakkan tumit ke tanah dan kunci lutut saat melangkah.
  6. Kurangi pembengkakan dengan menggunakan elastic band dan mengompres dingin secara rutin 15-20 menit selama 4-5 kali sehari.
  7. Istirahat dan angkat tungkai, terutama di minggu pertama pasca operasi. Pastikan Anda pun tidur cukup agar tubuh Anda pulih betul dari operasi.
  8. Berjalan di dalam air/kolam renang (ketinggian air setinggi pinggang) setelah 3 minggu dari waktu operasi, yakni setelah luka jahitan betul-betul menyembuh/kering dan tidak ada komplikasi.

Secara umum, Anda dapat berjalan normal tanpa bantuan apapun dalam waktu 3-5 minggu pasca operasi. Namun, batasan ini tentunya bervariasi antar individu.

Jangan lupa untuk kontrol rutin dengan dokter Anda agar pemulihan berjalan sempurna.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar