Sukses

Mengatasi Asam Urat Tinggi

27 Sep 2018, 18:30 WIB
Pria, 51 tahun.

Dok,saya mengalami penyakit yg di sebut asam urat,kira"obat apa aja yg perlu saya konsumsi,asam ura saya sdh mencapai 8,6. Mohon penjelasan menenai obatnya,terima kasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat disebabkan oleh peningkatan produksi asam urat ataupun adanya gangguan pada pembuangan asam urat. Asam urat merupakan hasil akhir (limbah) dari metabolisme purin. Kadar asam urat dipengaruhi oleh dua hal, yakni:

  • Pertama adalah laju pembuatan asam urat di dalam hati. Karena asam urat terbentuk dari pemecahan purin, kadarnya di dalam tubuh dipengaruhi oleh jumlah purin yang dibuat di dalam tubuh dan juga jumlah purin yang diserap dari makanan.
  • Faktor kedua adalah laju pembuangan asam urat melalui ginjal. Normalnya, asam urat di dalam pembuluh darah akan bergerak ke ginjal dan dibuang melalui urin.

Nilai normal asam urat pada tubuh wanita adalah 2,4-6 mg/dl dan 3,4-7 mg/dl untuk pria. Namun hal ini dapat berbeda-beda tergantung nilai baku masing-masing laboratorium.

Asam urat yang tinggi menjadi bermasalah ketika menyebabkan radang sendi yang disebut dengan artritis pirai atau gout arthritis. Keluhan biasanya berupa ibu jari kaki bengkak, kemerahan, dan nyeri hingga menyebabkan seseorang terbangun dari tidurnya.

Pada saat gejala akut terjadi, obat yang dikonsumsi adalah antiradang dan antinyeri, bisa dari golongan NSAID seperti ibuprofen atau piroksikam, atau golongan steroid seperti deksametason atau prednison. Ketika sedang tidak terjadi gejala akut, yang dikonsumsi adalah obat penurun asam urat seperti allopurinol. Obat ini tidak boleh dikonsumsi saat sedang gejala akut.

Di samping obat-obatan tersebut, perlu mengatur pola makan untuk mencegah peningkatan asam urat. Berikut adalah prinsip pengaturannya:

  • Turunkan berat badan. Kondisi berat badan berlebih berisiko meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks/serat seperti buah, sayur, dan serealia (gandum). Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti roti putih, cake, minuman kaleng, dan produk yang mengandung high-fructose corn syrup.
  • Minumlah banyak air, paling sedikit 8 gelas @200mL per hari.
  • Batasi lemak jenuh yang berasal dari daging merah, lemak putih dan dairy products tinggi lemak. Konsumsi produk rendah lemak seperti low-fat yoghurt atau susu skim.
  • Batasi konsumsi protein dari daging merah, ikan dan unggas 113-170 gram sehari.

Kami sertakan pula beberapa artikel terkait yang dapat melengkapi informasi Anda terkait asam urat tinggi:

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar