Sukses

Perhitungan Masa Subur
27 Sep 2018, 10:27 WIB
Pria, 40 tahun.

Dokter yang terhormat, saya mau bertanya, apakah 1 hari setelah selesai Haid termasuk masa subur kandungan? soalnya kami melakukan hubungan di waktu tsb tanpa alat kontrasepsi dan istri saya sekarang sudah telat haid (sudah 31 hari dari haid sebelumnya) dan dia khawatir untuk hamil lagi, sebab kami masih punya balita (umur 1 thn, 3 bln), terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya mengenai perhitungan masa subur melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menghitung masa subur, perlu diketahui terlebih dulu berapa hari siklus haid istri Anda. Apakah 21 hari? 28 hari? 35 hari? atau yang lain?. Siklus haid normal berlangsung antara 21-35 hari. Untuk mengetahui masa subur istri Anda, perlu diketahui terlebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 3 bulan terakhir. Adapun satu hari pasca haid bukanlah masa subur.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Hari tersebut kira-kira adalah 2 minggu sebelum menstruasi berikutnya. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

 

Jika Anda kesulitan untuk memperhitungkan masa subur secara manual. Silakan gunakan health tools kami di sini: Kalender Kesuburan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar