Sukses

Kelebihan Berat Badan pada Anak
27 Sep 2018, 10:27 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau bertanya dok, saya punya anak perempuan berumur 13 bulan dengan berat bdan 13.6 kg dan ini sudah melebihi berat badan normal anak seusia nya. Pada usia saat ini anak saya belum bisa brjalan dan baru mulai bljar merambat saja. Apakah kndisi berat badan ini dibiarkan saja ato harus dilakukan diet dok? bila harus diet bagaimana tips nya, soalnya anak saya memang senang makan apa saja. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Untuk saat ini, berat bayi anda terbilang lebih. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti orang dewasa yang kelebihan berat badan, namun mencegah bayi tumbuh dengan resiko obesitas sangatlah perlu dicegah dengan beberapa cara seperti yang dianjurkan, yaitu dengan cara:

Lebih memperhatikan isyarat lapar dan kenyang pada bayi.

Menghindari minuman dengan tambahan pemanis ataupun gula. Apakah anak Anda mengonsumsi banyak susu formula? Hati-hati karena kelebihan gula dari susu formula dapat menyebabkan kelebihan berat badan, risiko kerusakan gigi, dan risiko malas makan padat.

Memberikan kesempatan agar bayi bergerak lebih leluasa dibandingkan dengan membatasi mereka dengan duduk di kereta dorong atau hanya di kursi bayi. Mengenai belum bisa berjalan di usia 13 bulan, masih tidak apa-apa, karena bila sudah merambat berarti sudah menunjukkan kemajuan ke kemampuan berjalan. Tambahkan stimulasi berupa mengajak anak berjalan dibimbing (ditatah), maka anak akan semakin cepat berjalan.

Hindari paparan makanan siap saji

Batasi waktu di depan TV atau monitor lainnya.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan Semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar