Sukses

Tidak Cocok Terhadap Kosmetik

27 Sep 2018, 04:06 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok mau tanya, Apa yang hrus dilakukan ketika pemakaian kosmetik wajah saya tuh serasa perih dan timbul jerwat. apa ini hormon atau apa ? apa ada ketidakcocokan, tpi kalau tdak cocok mestinya dri awal jga.. trus wajah saya tuh kering megar kay keriput gtu

Terima kasih telah bertanya tentang tanda tidak cocok terhadap produk kosmetik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, karena itu ijinkan kami menjelaskan mengenai tanda tidak cocok terhadap kosmetik. Bila setelah pemakaian suatu bentuk produk perawatan wajah timbul kemerahan, gatal, panas, perih, atau kulit cenderung berbintil-bintil bahkan berjerawat, hal tersebut menandakan bahwa terdapat ketidakcocokan terhadap bahan yang digunakan dalam produk kecantikan tersebut. Hentikanlah pemakaian produk yang menyebabkan wajah Anda memberikan gejala tersebut. Gantilah produk lain yang berbahan lembut, cocok dengan kulit anda, berlabel 'non-komedogenik' dan 'non perfumed', kaya akan pelembab, memiliki spf minimal 30. Sedangkan untuk beberapa jenis perawatan kulit berjerawat (terutama yang mengandung tretinoin) maka memang ada kemungkinan akan berjerawat, mengelupas atau sedikit kemerahan, untuk itu ada baiknya menanyakan terlebih dahulu pada dokter Anda adakah efek samping dari krim perawatan kulit yang Anda gunakan.

Penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Kondisi bekas jerawat ringan dan cara memudarkan bekas jerawat dapat ditangani dengan langkah berikut:

Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur peeling kimiawi.Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tidak cocok terhadap produk kosmetik. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar