Sukses

Haid Setelah Melahirkan

27 Sep 2018, 04:06 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya melahirkan tanggal sepuluh Februari dokter, setelah itu saya datang bulan pada akhir bulan Maret..sejak itu saya tidak haid lagi sampai bulan Juli..bulan agustus saya haid d pertengahan bulan ..dan tidak haid lagi sampai sekarang..saya tidak memakai KB apapun dokter dan saya check juga tidak hamil..itu bagaimana ya dok..?

Terima kasih telah bertanya tentang Haid Setelah Melahirkan melalui fitur Tanya Dokter

Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak Anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka bisa jadi Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

Anda sebaiknya menggunakan kontrasepsi (bahkan jika Anda sedang menyusui), kecuali Anda berharap segera hamil kembali. Para ahli menganjurkan untuk menggunakan metode barrier seperti kondom dan spermisida yang aman digunakan setiap saat. Atau sebagai alternatif lain, Anda juga dapat menggunakan pil KB yang hanya berisi hormon progestin atau menggunakan IUD (intrauterine device).

Baca juga: Kapan Harus Pasang KB Setelah Melahirkan?Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Haid Setelah Melahirkan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar