Sukses

Benjolan Pada Testis dan Abses Anal

25 Sep 2018, 22:37 WIB
Pria, 24 tahun.

Pagi dok saya dulu sempat mengalami sakit anal fistula. Sudah saya bawa ke dokter dan sudah mendingan. Pertanyaan saya. 1. Saat ini ada benjolan pada daerah testis saya dan benjolan ada didalam. Dulu sempat mengalami juga abses. Jadi seperti ada yg menggumpal atau benjol di bagian bawah testis. Apakah itu masih karena abses atau penyakit lain nya? 2. Bekas abses masih belum menutup dan kadang jika saya makan kacang atau telur terasa nyeri seperti akan terjadi abses lagi. Dan juga rasa nya nyeri pada sebelah luka abses dulu. Seperti otot kaku. Apakah absen pada pantat memang untuk menutup atau kemungkin sembuh nya sedikit? Maksud saya bisa sembuh seperti semula?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Benjolan yang Anda maksud bisa saja karena peradangan epididimis (epididimitis) atau peradangan pada testis (orchitis) . Biasanya epididimitis dan orchitis disertai dengan keluhan nyeri dan bengkak. Tapi bisa juga benjolan disebabkan oleh kondisi lain seperti tumor testis ataupun abses yang dulu pernah anda rasakan. Namun demikian, kami tidak dapat memastikan mengenai apa yang terjadi pada testis Anda. Sejatinya dalam mendiagnosis suatu penyakit diperlukan wawancara medis yang mendetil disertai dengan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan tambahan.

Prinsip terapi abses adalah dengan mengalirkan cairan di dalamnya (drainase). Hal ini dapat terjadi dengan sendirinya atau dibantu dengan operasi. Namun tanpa dibantu operasi, akan terasa sangat nyeri disertai demam tinggi dan risiko penyebaran infeksi. Absesnya juga akan semakin besar, penyembuhan juga jadi lebih lama. Setelah operasi, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk penyembuhan. Namun tidak jarang juga ditemukan saluran penghubung (fistel)antara anus dan kulit yang menetap hingga 2-3 bulan akibat infeksi lokal.

Pada beberapa keadaan dimana daya tahan tubuh menurun, bahkan dapat terjadi abses berulang. Anda sudah melakukan hal yang baik dengan menggunakan tampon dan cairan antiseptik, namun mengingat keluhan fistel ini sudah dialami lebih dari 2 bulan, Saya sarankan sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter spesialis bedah digestif untuk berkonsultasi. Dokter mungkin akan menyarankan operasi kembali untuk memperbaiki fistelnya. Semoga dapat membantu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

1 Komentar