Sukses

Bibir Bengkak dan Sariawan

25 Sep 2018, 22:25 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat siang, dok. Saya ingin bertanya nih. Akhir2 ini bibir saya terasa bengkak, dan lidah terasa terbakar. Bagian dalam tenggorokan juga seperti ada benjolan kecil. Jadi ketika makan terasa sakit. Selain itu, saya juga batuk-batuk. Kira-kira kenapa ya? Dan obat untuk pertolongan pertamanya seperti apa, dok? Terimakasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Pembengkakan pada bibir dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain :

1. Trauma (luka) pada daerah bibir dan mulut

2. Beberapa jenis infeksi, antara lain adalah infeksi virus herpes simpleks. Pembengkakan bibir akibat infeksi oleh virus ini biasanya disertai dengan munculnya gelembung-gelembung (vesikel) kecil yang berkelompok disekitar bibir

3. Adanya infeksi dan peradangan pada kulit yang ditandai dengan adanya tanda-tanda peradangan seperti bengkak, merah, sakit dan terasa panas.

4. Angioedema. Keadaan ini dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain reaksi alergi, atau bisa juga karena penggunaan obat-obatan darah tinggi dari golongan ACE-Inhibitor (seperti captopril), dan lainnya

Stomatitis Aphtous Reccurent atau yang di kalangan awam disebut sariawan adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut. Istilah recurrent digunakan karena memang lesi ini biasanya hilang timbul. Luka ini bukan infeksi, dan biasanya timbul soliter atau di beberapa bagian di rongga mulut seperti pipi, di sekitar bibir, lidah, atau mungkin juga terjadi di tenggorokan dan langit-langit mulut.

Hingga kini, penyebab dari sariawan ini belum dipastikan, tetapi ada faktor-faktor yang diduga kuat menjadi pemicu atau pencetusnya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Trauma pada jaringan lunak mulut (selain gigi), misal tergigit, atau ada gigi yang posisinya di luar lengkung rahang yang normal sehingga menyebabkan jaringan lunak selalu tergesek/tergigit pada saat makan/mengunyah
  • Kekurangan nutrisi, terutama vitamin B12, asam folat dan zat besi.
  • Stress
  • Gangguan hormonal, seperti pada saat wanita akan memasuki masa menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal sehingga lebih rentan terhadap iritasi
  • Gangguan autoimun / kekebalan tubuh, pada beberapa kasus penderita memiliki respon imun yang abnormal terhadap jaringan mukosanya sendiri.
  • Penggunaan gigi tiruan yang tidak pas atau ada bagian dari gigi tiruan yang mengiritasi jaringan lunak
  • Pada beberapa orang, sariawan dapat disebabkan karena hipersensitivitas terhadap rangsangan antigenik tertentu terutama makanan.
  • Ada juga teori yang menyebutkan bahwa penyebab utama dari SAR adalah keturunan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang orang tuanya menderita SAR lebih rentan untuk mengalami SAR juga.

Untuk mencari penyebab hanya bisa dilakukan secara langsung oleh Dokter agar dapat segera diberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi seputar bibir bengkak dan sariawan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar