Sukses

Perawatan Kulit Remaja

25 Sep 2018, 20:11 WIB
Wanita, 14 tahun.

Skincare routine yang cocok untuk remaja 14tahun apa aja?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fitur tanya dokter

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang memiliki kecenderungan kulit normal, berminyak ataupun kering. Untuk menjaga kesehatan kulit diperlukan perawatan, baik perawatan dari luar yang berupa perawatan kulit dengan produk tertentu secara teratur ataupun perawatan dari dalam tubuh yaitu dengan konsumsi makanan yang sehat serta menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Mohon maaf karena kami tidak dapat mendiskusikan produk secara spesifik.

Untuk penggunaan sabun mandi sebaiknya disesuaikan dengan keadaan kulit. Misalnya kulit kering, gunakan sabun yang mengandung pelembab.

Untuk pola makan, kami rekomendasikan beberapa kandungan nutrisi utama yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat, antara lain:

Vitamin A, E & C

Vitamin A, vitamin E dan vitamin C membantu kelancaran proses regenerasi sel kulit, sehingga memperkecil risiko sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah

Pada buah dan sayur terdapat banyak sekali nutrisi seperti vitamin, mineral, air dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Mengkonsumsi air putih yang cukup

Anda perlu memperhatikan jumlah asupan cairan yang Anda konsumsi, idealnya orang dewasa dengan aktivitas fisik yang normal membutuhkan kurang lebih 8 gelas air putih per hari(minimal 1,5 liter per hari) untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Jika jumlah asupan cairan yang Anda konsumsi kurang, hal tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

Hindari Makanan pedas & berminyak

Walau secara fisiologis medis belum ditemukan dampak langsung dari makanan pedas & berminyak kepada dampak kulit mudah berjerawat pada kulit berminyak, para ahli kebanyakan berasumsi hubungannya terdapat makanan pedas & berminyak merupakan pencetus keringat dan berpotensi menjadikan sumbatan di pori-pori jika kulit wajah tidak dijaga kebersihannya.

Hindari Makanan Berlemak & Berkalori Berlebih

Kandungan lemak yang berlebih tidak hanya tertimbun di bagian tubuh umum lemak tertimbun, seperti perut, paha, lengan, dsb. Namun juga memberikan ekses volume lemak di kulit wajah.

Pola Hidup

Hindari rokok, alkohol dan begadang.

Kulit kusam dan bernoda kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, asupan nutrisi yang kurang seimbang, rendahnya konsumsi air putih harian, ataupun faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll). Setiap kulit wajah memiliki tipe kulit masing-masing dan perawatannya juga sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Berikut adalah langkah-langkah mengatasi kusam yang dapat Anda terapkan:

Dalam perawatan wajah yang terpenting adalah proses pembersihan. Sebaiknya lakukan pembersihan wajah menggunakan sabun dengan pH yang netral, setidaknya 2 kali sehari terutama saat selesai beraktifitas dan setelah memakai make upGunakan pembersih wajah khusus yang sesuai dengan jenis kulit Anda, bila Anda memiliki kulit berminyak gunakan produk khusus untuk kulit berminyakPilihlah pelembab yang berbahan dasar air, yang sesuai dengan kulit AndaGunakan tabir surya dengan kekuatan SPF minimal 30 pada pagi hari setiap kali bepergian ke luar rumahPilih segala macam produk perawatan kulit yang bertanda non comedogenicGunakan krim malam yang memiliki kandungan yang baik dalam meregenerasi kulit.Tingkatkan konsumsi vitamin A, C dan E dalam nutrisi harianMinum air putih minimal 1,5 liter per hari.Anda dapat melakukan peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan dokter kulit dan kelamin.Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar