Sukses

Sakit Kepala, Muntah, Dan Sakit Perut
25 Sep 2018, 11:10 WIB
Wanita, 11 tahun.

Dokter teman saya tanya katanya dia kemarin sakit kepala,muntah²,dan sakit perut itu tanda penyakit apa ya dokter ? Tolong dijawab segera

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Sakit Kepala, Muntah, Dan Sakit Perut.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh tension type headache (TTH). Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujianGangguan tidurPosisi tubuh yang salah saat bekerjaWaktu makan yang tidak teraturKelelahan mataPenghentian konsumsi kafeinJika tidak ada gejala lain seperti kelemahan sisi tubuh, kesemutan, kejang, gangguan penglihatan, intensitas nyeri yang semakin bertambah berat, demam, penurunan berat badan, mual/muntah, Anda tidak perlu khawatir, kemungkinan Anda hanya mengalami TTH.

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan/massage bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH.

Apakah Anda sering terlambat makan/makan tidak teratur? Apakah Anda sering makan makanan yang pedas dan asam, jamu-jamuan, dan obat warung? Apakah keluhan Anda berhubungan dengan terlambat makan atau makan kekenyangan?

Bila jawabannya ya untuk pertanyaan di atas, maka kemungkinan besar, kebiasaan Anda membuat sakit maag Anda kambuh sakit maag. Rasa panas, perih di perut; mual; sakit ulu hati merupakan keluhan khas untuk sakit maag. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Kami sertakan artikel: Dispepsia, untuk informasi Anda mengenai sakit maag.

Stress dapat juga memberikan keluhan seperti di atas. Apakah Anda menderita stress? Bila dengan obat maag ternyata keluhan Anda tidak membaik, maka ada kemungkinan Anda menderita stress dan memicu sakit maag.

Sangat mungkin juga,  Anda mengalami kelelahan dan masalah dengan stamina. Hal ini juga dapat memicu sakit maag. Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda? Pada saat haid biasanya tubuh memang terasa tidak enak dan kurang stamina sehingga perlu makan dan istirahat yang teratur sehingga gejala maag tidak kambuh.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Sakit Kepala, Muntah, Dan Sakit Perut. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar